PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK TERHADAP PENGUASAAN MATERI PEMBELAJARAN AKHLAK PADA SISWA KELAS VII DI PONDOK MODERN DARUL ARQOM III WONOSOBO

SINGGIH PRABOWO AJI (2015) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK TERHADAP PENGUASAAN MATERI PEMBELAJARAN AKHLAK PADA SISWA KELAS VII DI PONDOK MODERN DARUL ARQOM III WONOSOBO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik terhadap penguasaan materi pembelajaran akhlak pada siswa kelas VII di Pondok Modern Darul Arqom III Wonosobo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang datanya diambil dari lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kuantitatif. Sebagai penelitian lapangan, maka yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang langsung diambil dari lokasi penelitian berupa instrumen penelitian 20 item pernyataan kompetensi pedagogik pendidik dan 30 item pernyataan penguasaan materi pembelajaran Akhlak. Penelitian ini bersifat populatif non sampling karena populasi yang diambil mengacu pada satu populasi tertentu yaitu kelas VII SMP. Sedang penyajiannya dilakukan secara deskriptif kuantitatif, yaitu menggambarkan objek yang diteliti serta apa adanya dengan pernyataan-pernyataan yang bersifat numerical.
Hasilnya penghitungan kompetensi pedagogik pendidik berada pada kategori baik dengan prosentase 87% sedangkan penguasaan materi pembelajaran akhlak pada siswa berada pada kategori sedang dengan prosentase 57% dan uji linier sederhana SPSS 16 menunjukkkan signifikansi 0.022 yang memiliki nilai lebih kecil dari 0.05 sehingga dapat diambil kesimpulan terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik pendidik terhadap penguasaan materi pembelajaran siswa mata pelajaran akhlak di Pondok Modern Darul Arqom III Wonosobo. Dengan demikian semakin baik kompetensi pedagogik pendidik maka akan semakin baik pula penguasaan materi peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *171 KOMPETENSI PEDAGOGIK, PENGUASAAN MATERI PEMBELAJARAN AKHLAK
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2022 07:01
Last Modified: 24 Feb 2022 07:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/20342

Actions (login required)

View Item
View Item