EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI AQIDAH AKHLAQ DI SMP MUHAMMADIYAH PLAYEN GUNUNGKIDUL

NENA SALMA KHASANAH (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI AQIDAH AKHLAQ DI SMP MUHAMMADIYAH PLAYEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)

Abstract

Efektivitas Penggunaan Metode Role Playing dalam
meningkatkan penahaman materi Aqidah Akhlak di SMP Muhammadiyah Playen. Skripsi.
Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)
dan kegunaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2012
Proses pembelajaran pendidikan Aqidah Akhlak di SMP Muhammadiyah Playen pada
umumnya hanya ditekankan pada aspek kognitif dan kurang memperhatikan aspek-aspek
lain. Metode yang dipakai guru selama ini sangat monoton yaitu hanya menggunakan metode
ceramah dan latihan soal. Hal ini menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang kreatif
sehingga pemahaman belajar menjadi rendah. Melihat hal tersebut peneliti merasa khawatir
dan mencoba memperbaiki keadaan tersebut dengan menerapkan metode Role Playing.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara
guru dan peneliti dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah
Playen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, test, dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan secara kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan
menggunakan trianggulasi sumber dan metode.
Penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan pemahaman siswa setelah menerapkan
metode Role Playing. Adapun cara yang ditempuh untuk meningkatkan pemahaman belajar
siswa dengan metode role playing adalah dengan menerapkan metode tersebut selama 2
siklus dan masing masing siklus terdiri dari 2 pertemuan.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2022 03:51
Last Modified: 22 Feb 2022 03:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/20460

Actions (login required)

View Item
View Item