PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS SISWA (PBAS) DENGAN METODE POSTER SESSION UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA SMK MUHAMMADIYAH I RONGKOP

YUNIARTI (2016) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS SISWA (PBAS) DENGAN METODE POSTER SESSION UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA SMK MUHAMMADIYAH I RONGKOP. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)

Abstract

*157 Metode Poster Session untuk Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar
Aqidah Akhlak Siswa SMK Muhammadiyah I Rongkop, Tahun 2015.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan prestasi belajar
aqidah akhlak di SMK Muhammadiyah I Rongkop. Penelitian ini bertujuan untuk
peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah
akhlak dengan menggunakan pembelajaran berbasis aktivitas dengan metode
poster session.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas
(PTK) yang telah dilakukan dalam dua siklus. Subyek dalam peneitian ini adalah
siswa SMK Muhammadiyah I Rongkop yang berfokus pada siswa kelas 10
(sepuluh) TKJ2 yang berjumlah 20 siswa.berdasarkan nilai tes akhir siklus,terjadi
peningkatan dari siklus I,ke siklus II. Dalam siklus I nilai rata –rata siswa pada
mata pelajaran aqidah 67,5, dan mata pelajaran akhlak 66,5. Pada siklus II nilai
rata –rata siswa pada mata pelajaran aqidah 80,75, dan pada mata pelajaran
akhlak 80. Dari segi prestasi ketuntasan belajar siswa dalam satu kelas, ketuntasan
belajar siswa padasiklus I lebih tinggi dari siklus II yakni pada mata pelajaran
aqidah 67,5 dan akhlak 66,5 dan siklus II mata pelajaran aqidah 80,75 dan akhlak
80. Maka bisa dikatakan meningkat dan memuaskan, sehingga dari hasil siklus II
ini sudah memasuki target.dengan terbatasnya waktu penelitian maka tidak perlu
di lanjutkan padasiklus berikutnya.
Berdasarkan hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa penerapan
pendekatan pembelajaraan berbasis aktivitas dengan metode poster session untuk
peningkatan motivasi dan prestasi belajar aqidah akhlak di SMK Muhammadiyah
I Rongkop tahun pelajaran 2015. Mengenai peningkatan yang sangat baik dengan
nilai rata –rata 80 dan 80,75. Dari segi prestasi ketuntasan belajar siswa dalam
satu kela, ketuntasan belajar siswa pada siklus I lebih tinggi dari pada siklus II
maka ini bisa dikatakan memuaskan sehingga dari hasil siklus II ini sudah
memasuki target dalam penelitian, sehingga tidak perlu lagi melanjutkan ke silkus
berikutnya.
Berdasarkan hipotesis maka dapat disimpulkan bahwapenerapan
pendekatan pembelajaran berbasisaktivitas siswa (PBAS) dengan metode poster
session untuk peningkatan motivasi dan belajar padasiswa SMK Muhammadiyah I
Rongkop tahun pelajaran 2015.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *157 PENDEKATAN, PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS, MOTIVASI BELAJAR.
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2022 09:57
Last Modified: 21 Feb 2022 09:57
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/20544

Actions (login required)

View Item
View Item