IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROGRAM KEISLAMAN PIMPINAN DAERAH IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH KABUPATEN SLEMAN

GANI DARMAWAN (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROGRAM KEISLAMAN PIMPINAN DAERAH IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan pengintegrasian antara kecerdasan,
kepribadian, dan akhlak mulia. Dan program keislaman diharapkan dapat
memberikan dampak positif terhadap pendidikan karakter. Sedangkan
Ikatan Pelajar Muhammadiyah adalah sebuah organisasi yang di dalamnya
memiliki program keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
implementasi pendidikan karakter dalam program keislaman Pimpinan
Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah kabupaten Sleman.
Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang
datanya diambil dari lapangan (field research) yang bersifat deskriptif
kualitatif. Sebagai penelitian lapangan yang dilakukan di Ikatan Pelajar
Muhammadiyah Kabupaten Sleman selama 8 minggu pada bulan Oktober
sampe November 2015, maka yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah
data primer, yaitu data yang langsung diambil dari lokasi penelitian.
Sedang penyajiannya dilakukan secara deskriptif kualitatif, yaitu
menggambarkan objek yang diteliti serta apa adanya dengan pernyataanpernyataan
yang bersifat kualitatif. Sedangkan subjek penelitian ini adalah
unsur Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah kabuapten Sleman
sebanyak 6 orang, dan 2 orang dari unsur Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar
Muhammadiyah SMP Muhammadiyah 1 Depok.
Dari penelitian ini diperoleh hasil Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar
Muhammadiyah kabupaten Sleman memiliki konsep pendidikan karakter
yang bertahap. Tahap pertama terdapat Fortasi, PKTM I, kajian sektor,
kultum qobla rapat, syawalan, pengajian umum. Namun demikian pada
penelitian ini hanya memperoleh 3 konsep yang di implementasikan. Hal
tersebut dikarenakan waktu penelitian yang singkat, dan implementasi
pendidikan karkter yang di laksanakan tidak dalam waktu yang bersamaan.
Ketiga konsep itu adalah PKTM I, kajian sektor, dan kajian qobla
rapat. Dari ketiga konsep tersebut hasil menunjukan ada dampak positif
dari pelaksanaan- pelaksanaan program keislaman yang dilaksanakan oleh
Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Sleman.
Namun demikian hal tersebut masih dibutuhkan perencanaan yang baik
dari masing- masing konsep pendidikan karakter yang di implementasikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN KARAKTER, PROGRAM KEISLAMAN, IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2022 09:57
Last Modified: 21 Feb 2022 09:57
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/20546

Actions (login required)

View Item
View Item