KENDALA DAN TANTANGAN PENERAPAN SISTEM DRAINASE BERKELANJUTAN PADA KAWASAN PERUMAHAN DI WILAYAH SLEMAN BAGIAN BARAT

AFIF SUSANTO (2015) KENDALA DAN TANTANGAN PENERAPAN SISTEM DRAINASE BERKELANJUTAN PADA KAWASAN PERUMAHAN DI WILAYAH SLEMAN BAGIAN BARAT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (916kB)

Abstract

Kota Yogyakarta sebagai ikon kota pelajar memang tidak dapat dilepaskan begitu saja dari proses perkembangan properti di Yogyakarta. Adanya penyaluran rumah/perumahan yang terus dibangun oleh pengembang/developer untuk memenuhi kebutuhan konsumen, dimana sektor pendidikan mengambil kuota cukup besar. Pada awal ajaran baru kota Yogyakarta selalu ramai dikunjungi oleh mereka yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Para pendatang baru inilah yang menjadi lahan basah bagi pengembang/developer dalam menawarkan produknya. Perubahan tata guna lahan pada suatu kawasan yang sebelumnya merupakan lahan resapan air, kemudian berubah menjadi lahan terbangun yang akan meningkatkan luas area kedap air serta akan memberikan dampak langsung pada peningkatan volume limpasan. Kondisi peningkatan volume limpasan ini berjalan seiring dengan peningkatan resiko terjadinya banjir pada kawasan tersebut. Salah satu upaya mengurangi resiko terjadinya banjir pada kawasan tersebut adalah dengan menerapkan konsep sistem drainase berkelanjutan. Sistem drainase berkelanjutan adalah suatu konsep dasar pengembangan sistem drainase yang bertujuan untuk meningkatkan daya guna air, meminimalkan kerugian, serta memperbaiki dan konservasi lingkungan. Untuk itu diperlukan usaha-usaha yang komprehensif dan integratif yang meliputi seluruh proses, baik yang bersifat struktural maupun non struktural untuk mencapai tujuan tersebut. (Suripin, 2004).
Metode penelitian dilakukan dengan menganalisis data kuisioner yang disebarkan kepada para developer pemiliki proyek perumahan yang telah selesai pembangunannya ataupun masih dalam proses pembangunan, dan berada di dalam lokasi penelitian. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Sleman bagian barat.
Berdasarkan survei kuesioner serta hasil analisis dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : Sebanyak 90 % developer menyatakan sudah mengerti tentang konsep sistem drainase yang ramah terhadap lingkungan atau sistem drainase berkelanjutan, dan hanya 10 % yang belum mengerti. Sedangkan untuk penerapan konsep green landscape di lapangan adalah cukup, sebanyak 60 % developer menerapkan konsep tersebut pada proyek perumahan yang mereka kembangkan. Sebanyak 10 % developer yang mengetahui konsep zero delta Q policy dan metode pelaksanaannya. Dan hanya sebanyak 5 % developer yang tidak berkeinginan untuk menerapkan serta melanjutkan berinvestasi perumahan dengan mengusung konsep green, khususnya pada konsep sistem drainase berkelanjutan di kawasan perumahan. Dikarenakan, pemahaman dari developer sendiri mengenai konsep green, khususnya pada konsep sistem drainase berkelanjutan masih kurang, sehingga developer tersebut mengalami kesulitan dalam penerapan di lapangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SISTEM DRAINASE BERKELANJUTAN, DEVELOPER
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2022 03:36
Last Modified: 16 Feb 2022 03:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/20666

Actions (login required)

View Item
View Item