KARAKTERISTIK BUDAYA SEKOLAH DI AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) SUTOPADAN BANTUL

ANDI ALI KISAI, SPD.I (2015) KARAKTERISTIK BUDAYA SEKOLAH DI AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) SUTOPADAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)

Abstract

ANDI ALI KISAI. Karakteristik Budaya Sekolah Di Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Sutopadan Bantul. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana MM UMY, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang karakteristik budaya sekolah di Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Sutopadan Bantul..Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif,. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi dan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan Karakteristik budaya sekolah di Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Sutopadan meliputi: Philosophy, yaitu pandangan hidup yang menjadi arah kebijakan dan kearifan budaya sekolah di Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Sutopadan tercantum dalam visi dan misi sekolah. Rules, berupa aturan dan tata tertib sekolah (school discipline) untuk siswa, wali siswa, guru dan karyawan. Organization climate/Feeling, yaitu pelaksanaan program/kegiatan pendidikan berbasis budaya di sekolah, mencakup nilai-nilai luhur, nilai-nilai islami, nilai-nilai nasionalisme, nilai-nilai adat istiadat. Observed behavioral regulations, yaitu bentuk kegiatan atau program yang diharapkan menjadi karakteristik budaya sekolah meliputi kegiatan kelas, kegiatan luar kelas, kegiatan agama, kegiatan motorik. Norms, yaitu standar perilaku murid yang berhubungan dengan pencapaian hasil belajar murid dan sasaran standar kompetensi guru di Aisyiyah Bustanul athfal (ABA) Sutopadan. Dominan Values yaitu tentang pencapaian mutu pendidikan di sekolah.
Dampak budaya sekolah dalam pencapaian perkembangan murid di Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Sutopadan meliputi pencapaian tingkat perkembangan siswa, akademik dan non akademik. Dampak budaya sekolah dalam pencapaian perkembangan guru dan tenaga kependidikan di Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Sutopadan, meliputi kecukupan jumlah guru, standar kompetensi guru, memiliki jumlah guru yang bersertifikasi, Memiliki jumlah guru yang berkualifikasi S1. Strategi manajemen sumber daya manusia yang dilakukan oleh Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Sutopadan untuk meningkatkan kinerja skolah yaitu dengan menerapkan aspek-aspek program strategis meliputi: pencapaian tingkat perkembangan siswa; pencapaian standar pendidik dan kependidikan; pencapaian standar kurikulum dan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KARAKTERISTIK, BUDAYA, SEKOLAH,
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Manajemen S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2022 03:07
Last Modified: 21 Feb 2022 03:07
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/20690

Actions (login required)

View Item
View Item