DINAMIKA PEMBERITAAN KENAIKAN BBM DI MEDIA DETIKCOM (ANALISIS WACANA KRITIS PEMBERITAAN KENAIKAN BBM DI MEDIA ONLINE DETIKCOM TAHUN 2009-2014)

ANGGITA RUSMITASARI NUR UTAMI (2015) DINAMIKA PEMBERITAAN KENAIKAN BBM DI MEDIA DETIKCOM (ANALISIS WACANA KRITIS PEMBERITAAN KENAIKAN BBM DI MEDIA ONLINE DETIKCOM TAHUN 2009-2014). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (796kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)

Abstract

Detikcom merupakan pelopor media online di Indonesia, sebagai media
yang pertama memberikan nuansa baru dalam menyampaikan sebuah berita tentu
akan berpengaruh pada wacana yang berkembang. Salah satunya mengenai
pemberitaan kenaikan BBM di media online Detikcom tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui bagaimana wacana yang ditampilkan Detikcom dalam
memberitakan kenaikan BBM sejak tahun 2009-2014.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan objek
penelitian di fokuskan pada bagaimana Detikcom membentuk realitas mengenai
pemberitaan kenaikan BBM. Dengan kerangka teori Media dan Komunikasi
Politik, Jurnalisme Online, dan Wacana sebagai Ideologi.Teknik analisis data
analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa pada pemberitaan kenaikan
BBM tahun 2009-2014 Detikcom melakukan pembentukan wacana dalam teks
beritanya. Dimana dalam teks berita tersebut terlihat adanya hubungan pemilik
media dengan pemerintah sangat mempengaruhi produksi teks berita dan adanya
kebebasan pers dalam menyampaikan sebuah berita pada Pasca Orde Baru

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *340 MEDIA ONLINE, KENAIKAN BBM, ANALISIS WACANA KRITIS.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2022 08:38
Last Modified: 18 Feb 2022 08:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/21232

Actions (login required)

View Item
View Item