STRATEGI PROMOSI PT.PERTAMINA DALAM MEMPERKENALKAN PEMAKAIAN PRODUK BIOSOLAR KEPADA KONSUMEN DI JAKARTA

RONAL FAHRIZAN (2008) STRATEGI PROMOSI PT.PERTAMINA DALAM MEMPERKENALKAN PEMAKAIAN PRODUK BIOSOLAR KEPADA KONSUMEN DI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (690kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)

Abstract

Studi ini berusaha menganalisis strategi PT. Pertamina dalam memperkenalkan pemakaian produk Biosolar kepada Konsumen di Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi PT. Pertamina dalam mernperkenalkan pemakaian produk Biosolar kepada Konsumen di Jakarta. Kerangka teori dalam penelitian ini adalah stretegi promosi adalah semua kegiatan yang dimaksudkan untuk menyampaikan atau mengkomunikasikan suatu produk kepada pasar sasaran, untuk memberi informasi tentang keistimewaan, kegunaan, dan yang paling penting adalah tentang keberadaannya, untuk mengubah sikap ataupun untuk mendorong orang untuk bertindak. (Tjiptono, 2002: 200). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian memperlihatkan strategi promosi yang digunakan PT. Pertamina untuk mensosialisasikan produk biosolar menggunakan strategi komunikasi pemasamn terpadu atau Integrated Marketing Communication (IMC) yaitu dengan melaksanakan komunikasi pemasaran atau promosi sebagai elemen dasar tercapainya tujuan promosi yaitu dengan menentukan khalayak sasaran promosi, menentukan tujuan promosi yaitu dengan tujuan memperkenalkan produk biosolar, merancang pesan yang akan disampaikan melalui promosi, memilih saluran distribusi baik produk biosolar, sistem distribusi, khalayak sasaran yang ingin dicapai dan karakteristik media dan biaya. Mengalokasikan anggaran promosi dan menentukan bauran promosi yang dikoordinir dengan s-trategi produk, harga, dan distribusi. Larigkah-langlcah yang ditempuh PT. Pertamina dalam memperkenalkan biosolar kepada konsumen dapat dikategorikan efektif. Media-media yang digunakan dalam promosi biosolar PT. PERTAMINA menggunakan tiga macam bentuk media yaitu media cetak dan mcdia clektronik dan media luar ruang. Pemilihan media cetak adalah dengan menggunakan media nasinnal yaitu Koran Kompas. Tempo, dan Buletin Pertamina. Sedanglcan media elektronik yang digunakan adalah radio dan televisi. Pemilihan radio ini karena merniliki jangkauan yang sangat luas, pesan yang disampaikan mudah diterima dan bisa didengar oleh semua orang dan juga melalui intemet melalui website yaitu www.pertamina.com yang berisi informasi tentang produk biosolar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PROMOSI
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 04 Jan 2022 02:27
Last Modified: 04 Jan 2022 02:27
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/21265

Actions (login required)

View Item
View Item