DANANG HARUNATA (2008) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MOVIE BOX. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (282kB)
Abstract.pdf
Download (43kB)
Bab I.pdf
Download (954kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (233kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (114kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (357kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (47kB)
Abstract
Penclitian ini membahas tentang bagaimana strategi komunikasi pemasaran Movie Box dalam menarik minat konsumen di Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran Movie Box dalam menarik minat konsumen. (2) untuk mendapatkan gambaran mengenai faktor-faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Movic Box. Penelitian ini menggunakan teknik studi deskriptif kualitatif dengan menggunakan langkah-langlcah analisis data sebagai berikut: (1) Pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka. (2) Reduksi data. (3) Penyajian data. (4). Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran Movie Box dilatarbelakangi oleh banyaknya tempat untuk menonton film di Yogyakarta, baik itu berupa bioskop maupun berupa cafe-cafe, sehingga membuat persaingan semakin ketat. Melalui strategi komunikasi pemasaran, Movie Box menggunakan strategi bauran komunikasi pemasaran, strategi pcmilihan media, dan strategi copy iklan untuk menarik minat konsumen di Yogyakarta. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa Movie Box menggunakan 3 dari 5 cara komunikasi utama dalam bauran komunikasi pemasaran (menurut Kotler, 2002:626) yaitu advertising, sales promotion, dan public relation. Seluruh kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk menarik minat konsumen dengan `menjual' horne entertainment sebagai satu hal yang menonjol. Maka dengan hasil analisis penelifian ini, dapat disimpulkan bahwa Movie Box belum melak-ukan strategi komunikasi pemasaran yang efektif untuk menarik minat konsumen dikarenakan masih terbatasnya alokasi anggaran untuk melakukan kegiatan komunikasi pemasaran sehingga membuat kurang maksimalnya pemanfaatkan media periklanan yang digunakan. Hal tcrscbut terlihat dari kunjungan target audience yang belum maksimal, karena masih didominasi oleh pelajar dan mahasiswa, sedangkan eksekutif muda dan keluisiga yang juga menjadi target audience belum secara kontinyu datang dan mendaftar menjadi member Movie Box yang alctif melakukan transaksi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI KOMUNIKASI |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 16 Feb 2022 07:28 |
Last Modified: | 16 Feb 2022 07:28 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/21280 |