TAUFIQ MARZUKI (2015) STRATEGI POSITIONING RUMAH MAKAN RATA-RATA YOGYAKARTA DALAM MENARIK CALON KONSUMEN 2015. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (393kB)
Bab I.pdf
Download (186kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (370kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (751kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12kB)
Abstract
*380 Penelitian ini berusaha menganalisa tentang strategi positioning rumah makan Rata Rata Yogyakarta dalam menarik calon konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mendiskripsikan bagaimanakah strategi positioning yang dilakukan oleh rumah makan Rata Rata sebagai rumah makan yang menjual aneka rasa masakan rumahan yang dikemas dalam 25 macam sayur dan 40 macam lauk (sebagai unique selling proposition) yang berusaha diangkat sebagai nilai jualnya untuk menarik minat konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian analisa kualitatif yang berupa uraian dan penjelasan secara deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah melalui observasi, wawancara, rekaman arsip dan studi pustaka. Sebagai market leader, persaingan bisnis kuliner yang begitu ketat menjadikan rumah makan Rata Rata harus jeli dalam merencanakan sekaligus mengimplementasikan strategi positioningnya, sehingga menghasilkan feedback yang sifatnya menguntungkan bagi rumah makan Rata Rata. Dalam menciptakan produk, rumah makan Rata Rata menciptakan berbagai macam menu (25 sayur dan 40 lauk) yang fresh, berkualitas dari segi bahan, rasa, dan harga yang relatif murah sesuai dengan kapasitas produknya. Sebuah strategi sangat diperlukan untuk membuat produk dan image perusahaan positif di benak calon konsumen. Dengan keadaan persaingan yang sangat ketat, maka sangat diperlukan langkah-langkah strategi positioning. Mulai dari penentuan kharakteristik produk, sasaran, penentuan harga, menganalisa pesaing, dan yang terpenting adalah perwujudan strategi positioning itu sendiri. Perwujudan strategi positioning harus benar-benar jelas dan mewakili karakeristik dari rumah makan Rata Rata, mulai dari lambang dan corak warna yang mudah diingat, penciptaan suasana desain display rumah makan, merupakan tempat pencipta citra yang sangat kuat saat menyerahkan produk, ditambah taglinenya. Semuanya menjadi sebentuk rangkaian untuk menunjang pelaksanaan strategi positioning dalam mendapatkan dan membentuk citra secara keseluruhan. Dalam prakteknya rumah makan Rata Rata bisa dinilai berhasil dalam implementasi strategi positioning yang dibuatnya, hal ini ditunjukkan dengan semakin meningkat konsumen dan berkembangnya rumah makan Rata Rata.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | *380 STRATEGI POSITIONING, TAGLINE DAN UNIQUE SELLING PROPOSITION |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 16 Feb 2022 07:14 |
Last Modified: | 16 Feb 2022 07:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/21296 |