PERAN PROGRAM DIRECTOR DALAM MEMPERTAHANKAN POSITIONING RADIO GERONIMO 106,1 FM SEBAGAI RADIO ANAK MUDA

ANNISA MUTYA RAKHMAWATI (2015) PERAN PROGRAM DIRECTOR DALAM MEMPERTAHANKAN POSITIONING RADIO GERONIMO 106,1 FM SEBAGAI RADIO ANAK MUDA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)

Abstract

Radio saat ini terus mengalami penurunan pendengar meskipun radio memiliki banyak kelebihan. Saat ini sebagian besar pendengar radio adalah kaum muda berusia 20 – 39 tahun. Geronimo FM adalah salah satu radio anak muda tertua di Yogyakarta dan Indonesia, dan hingga saat ini masih selalu menjadi tiga besar radio di Yogyakarta. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana Geronimo FM melalui Program Director berproses mempertahankan positioningnya. Melalui metode deskriptif kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana peran Program Director dalam mempertahankan positioning dan pelaksanaan positioning Radio Geronimo 106,1 FM Yogyakarta sebagai radio anak muda.
Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dan analisis, ditemukan bahwa Geronimo FM memiliki positioning yang dipadatkan dengan kalimat “The Real Sound of Jogja”. Program Director mengelola perwujudan positioning Geronimo FM dalam on-air melalui tiga aspek utama yaitu penyiar, penataan program, dan pemutaran musik. Lebih utamanya difokuskan pada penyiar yang sekaligus merupakan perwakilan brand image Geronimo FM. Penyiar diarahkan baik secara on-air maupun off-air untuk menjadi pribadi yang sesuai dengan positioning Geronimo FM. Dari sisi penataan program, Program Director memasukkan dan menjaga unsur-unsur yang sesuai dengan positioning dalam program. Dari segi musik, Program Director menyelaraskan kebutuhan musik pendengar Geronimo dengan positioning. Program Director terus menjalankan proses inovasi dan evaluasi terhadap seluruh aspek agar tetap mengikuti anak muda saat ini dan agar bisa membawa positioningnya dengan tepat.
Dari penjelasan diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa untuk memertahankan positioning dibutuhkan konsistensi dalam mengolah sumber daya yang ada. Selain konsistensi diperlukan juga pengamatan dan adaptasi yang baik dilakukan oleh Program Director. Terbukti dengan terus menjalankan positioningnya dengan baik Geronimo FM bisa selalu berada di urutan tiga teratas hingga saat ini

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: RADIO KOMERSIL, PROGRAM DIRECTOR, RADIO ANAK MUDA,GERONIMO FM
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2022 06:36
Last Modified: 17 Feb 2022 06:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/21314

Actions (login required)

View Item
View Item