PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 6 DAN SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

Rekyan Muninggar (2020) PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 6 DAN SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 6 dan SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. 2) Mengetahui peran guru untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 6 dan SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan studi komparasional. Populasi penelitian merupakan seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 6 dan SMA Muhammadiyah 2. Penentuan sampel dilakukan dengan Teknik random sampling dengan perhitungan jumlah sampel dari setiap sekolah menggunakan rumus slovin. Sampel untuk SMA Negeri 6 sebanyak 74 dan SMA Muhammadiyah 2 sebanyak 68. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Instrument penelitian diuji menggunakan uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan independent sampel test.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu 1) terdapat berpedaan kemampuan berfikir kritis yang signifikan dari siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta dan SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Siswa SMA Negeri 6 mendapatkan nilai kemampuan berpikir kritis sebesar 95,70. Siswa SMA Muhammdiyah 2 mendapat nilai sebesar 88,41. 2) Guru di SMA Negeri 6 dan SMA Muhammdiyah 2 Yogyakarta sangat berperan penting dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Dalam pelajarannya setiap guru mempunyai cara tersendiri untuk melatih siswa meningkatkan kemampuan berfikir kritis. Perbedaan kedua sekolah merupakan metode yang dugunakan guru dan karakteristik siswa yang berbeda-beda, sehingga kemampuan berpikir kritis siswa dari kedua sekolah juga berbeda.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:19
Last Modified: 02 Nov 2021 07:27
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2141

Actions (login required)

View Item
View Item