ADLINA KARIMINA NURUL HUSNA (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN TOILET TRAINING PADA ANAK TK USIA 4-5 TAHUN DI WILAYAH PERKOTAAN DAN PEDESAAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (507kB)
Abstract.pdf
Download (128kB)
Bab I.pdf
Download (167kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (382kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (334kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (162kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (160kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (148kB)
Naskah Publikasi.pdf
Download (408kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (665kB)
Abstract
Latar belakang : Kegagalan toilet training masih menjadi masalah yang perlu diselesaikan mengingat dampak jangka panjang yang ditimbulkannya. Keberhasilan toilet training dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti tingkat pendidikan, status pekerjaan, pengetahuan, perilaku Ibu dalam menerapkan toilet training, wilayah tempat tinggal kota atau desa dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan toilet training pada anak TK usia 4-5 tahun di wilayah perkotaan dan pedesaan Kabupaten Sleman.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional. Subyek penelitian adalah anak-anak berusia 4-5 tahun di wilayah perkotaan dan pedesaan Kabupaten Sleman. Teknik sampling menggunakan teknik Purposive Sampling pada anak-anak TK di kelurahan Condong Catur, Depok yang termasuk wilayah perkotaan dan Kelurahan Sendang Mulyo beserta Kelurahan Sendang Sari, Minggir yang termasuk wilayah pedesaan Kabupaten Sleman. Penelitian melibatkan 56 anak dari wilayah perkotaan dan 51 anak dari wilayah pedesaan. Data diambil dengan kuisioner yang diberikan kepada Ibu subyek. Analisis univariat dan multivariat digunakan untuk menentukan faktor–faktor yang mempengaruhi keberhasilan toilet training.
Hasil : Analisis univariat menunjukkan hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan Ibu (p 0,005 ; PR 0,406) dan pekerjaan Ibu (p 0,002 ; PR 2,767) dengan keberhasilan toilet training. Analisis multivariat menunjukkan bahwa faktor pekerjaan Ibu (p 0,046 ; PR 3,056) merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap keberhasilan toilet training di wilayah perkotaan dan pedesaan Kabupaten Sleman.
Kesimpulan : Penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak usia 4-5 tahun dari Ibu yang bekerja cenderung memiliki resiko untuk tidak berhasil dalam toilet training.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEBERHASILAN TOILET TRAINING, PENDIDIKAN, PEKERJAAN, PENGETAHUAN, PERILAKU |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 11 Feb 2022 09:22 |
Last Modified: | 11 Feb 2022 09:22 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/21964 |