Ukhti Istislamulillah (2020) ANALISIS BAHAN AJAR BAHASA ARAB TERBITAN LEMBAGA PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH (LP3M) TAHUN 2019. (STUDI KESESUAIAN DITINJAU DARI STANDAR BSNP). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (517kB)
Bab I.pdf
Download (963kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (881kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (740kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (241kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
ABSTRAK
Ukhti Istislamulillah, 2020. Analisis Bahan Ajar Bahasa Arab Terbitan Lembaga Pengembangan Pondok Pesantren Muhammadiyah (LP3M) Tahun 2019. (Studi Kesesuaian ditinjau dari Standar BSNP).
Buku ajar merupakan komponen sistem pembelajaran yang penting dalam pencapaian kompetensi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku ajar bahasa Arab kelas 10. Buku ajar yang digunakan dalam penelitian ini adalah Buku Ajar Bahasa Arab Kelas 10 Terbitan Lembaga Pengembangan Pondok Pesantren Muhammadiyah (LP3M). Buku ini akan dianalisis kualitasnya dari 4 aspek komponen kelayakan menurut standar BSNP, yaitu : kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa dan kelayakan kegrafikan.
Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dan menggunakan identifikasi analisis data. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan metode kuantitatif. Adapun langkah dalam menganalisi adalah : merumuskan masalah penelitian; melakukan studi pustaka; menentukan tempat observasi dan objek penelitian; menentukan sampel; menentukan variabel; membuat ketegorisasi; mengumpulkan data; mengolah data; menyajikan data; dan menyusun laporan hasil penelitian.
Hasil penelitian ini adalah 1) karakteristik buku ajar sudah bagus, karena memiliki halaman sampul yang menarik, materi yang disajikan sesuai dengan tingkatan peserta didik, tata letak buku ajar konsisten dan soal-soal yang disajikan bervariasi. 2) buku ajar menunjukan kualitas isi dengan nilai 68, kualitas penyajian dengan nilai 52, kualitas bahasa dengan nilai 30 dan kualitas kegrafikan dengan nilai 200. 3) terdapat pengaruh penggunaan buku ajar terhadap hasil belajar peserta didik dengan kostribusi sebesar 15% atau 0,145 yang bernilai positif.
Kata Kunci : Analisis, Kelayakan Isi, Kelayakan Penyajian, Kelayakan Bahasa, dan Kelayakan Kegrafikan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 04:00 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 03:24 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/221 |