PENGARUH METODE INQUIRY LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHAS

Seftiani Utami (2020) PENGARUH METODE INQUIRY LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHAS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Proses pembelajaran telah memasuki abad ke-21 dan mengubah pembelajaran dari yang berpusat pada Teacher Center Learning(TCL) menjadi Student Center Learning (SCL). Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi mahasiswa, perlu model pembelajaran yang inovatif yang bisa memberikan peluang belajar siswa lebih aktif lagi dalam proses pembelajaran. Ada begitu banyak model pembelajaran inovatif, salah satunya yang bisa untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa adalah pembelajaran berbasisinquiry. Akan lebih baik mahasiswa membahas pelajaran atau mencoba mempelajari materi terlebih dahulu, selanjutnya mempresentasikan hasilnya di depan kelas serta saling berdiskusi dengan siswa lainnya.Sehingga proses pembelajaran menjadi lebih aktif dan dinamis dengan adanyan bimbingan dan arahan dosen.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode inquiry learningterhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa.
Metode : Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan pre-test post-test with control group. Sampel penelitian adalah mahasiswa Fakultas Kesehatan Universitas Samawa dengan pembagian 29 mahasiswa sebagai kelompok intervensi dan 29 mahasiswa sebagai kelompok kontrol. Kemudian hasil dianalisa dengan menggunakan uji paired sampel t-test dengan nilai ? 0,05
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata motivasi belajar pre test 135,33 dan post test-3 158,03 sedangkan hasil belajar pre test 68,43 dan post test-3 83,03 Hasil uji beda untuk motivasi belajar didapatkan pre-post test-1 p value 0,012, pre-post test-2 p value 0,000, prepost test-3 p value 0,001, sedangkan hasil belajar pre-post test-1 sampai pre-post test-3 didapatkan p value 0,000.Kesimpulan : Ada Pengaruh Metode Inquiry Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa KeperawatanProgram studi DII Fakultas Kesehatan Universitas Samawa.
Kata Kunci:inquiry learning, motivasi belajar, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Keperawatan S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2021 02:39
Last Modified: 04 Nov 2021 06:43
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2263

Actions (login required)

View Item
View Item