Rita Fajri Qomariatul Aisyah (2020) ANALISIS IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP SYARIAH PADA BISNIS RITEL SYARIAH DI MINIMARKET (Studi Kasus: Minimarket Berbasis Syariah Di Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (513kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (267kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (187kB)
Bab I.pdf
Download (309kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (984kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (304kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (927kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (460kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip-prinsip syariah pada Bisnis Ritel Syariah di Minimarket Lombok timur dan untuk menganalisis apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan Bisnis Ritel Syariah di Minimarket Lombok timur. Motode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode desripsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah trigulasi teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 4 informan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa terhitung 20% minimarket yang kurang mengimplementasikan prinsip-prinsip syariah pada bisnis ritel syariah, akan tetapi 80% minimarket yang sudah mengimplementasikan prinsip-prinsip syariah. Dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip syariah pada minimarket syariah dalam menjalankan aktivitas ekonomi berupa aturan prinsip muamalah (bisnis) yaitu prinsip kebebasan, prinsip sukarela, prinsip keadilan dan prinsip kemaslahatan, dalam Islam melarang adanya unsur riba, zalim, maisir, gharar dan objek transaksi haram. Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam minimarket memberi label Minimarket Syariah, tidak hanya berlabelkan minimarket berbasis syariah namun dapat juga digambarkan pada produk yang tersedia sudah dipastikan hanya menjual produk halal dan dapat digambarkan dalam pelayanan yang selalu mengutamakan setiap konsumen dengan memperhatikan produk yang tersedia sudah dipastikan hanya menjual produk halal dengan menghindari kemudharatan.
Kata kunci: Prinsip Muamalah, Bisnis Syariah, Label syariah dan Minimarket syariah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 02:31 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 06:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2295 |