STRATEGI DAKWAH MAJELIS TABLIGH PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH PERIODE 2015-2020 MELALUI NEW MEDIA (WEBSITE, INSTAGRAM DAN YOUTUBE)

Daris Kurnia Habibulloh (2020) STRATEGI DAKWAH MAJELIS TABLIGH PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH PERIODE 2015-2020 MELALUI NEW MEDIA (WEBSITE, INSTAGRAM DAN YOUTUBE). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36MB)

Abstract

Penyampaian dakwah saat ini dilakukan dengan New media untuk mencapai keberhasilan strategi dakwah di era modern. Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah (MT PPM) dalam mewujudkan keberhasilan dakwahnya menggunakan media website, instagram dan youtube sebagai bagian dari New Media. Strategi ini lebih efektif untuk menyampaikan pesan dakwah untuk anak millennial menurut data Badan Pusat Statistika (BPS) tahun 2018, bahwasannya anak millennial di Indonesia telah mengakses Internet di Tahun 2018 mencapai 39,90 %. Tujuannya adalah menjelaskan faktor-faktor pendukung dan penghambat strategi dakwah tersebut melalui pendekatan deskriptif kualitatif berupa dokumentasi, wawancara dan observasi lapangan.
Hasilnya strategi dakwah Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhamamdiyah sebagian sesuai dengan teori Perencanaan Strategis milik Simmons yang meliputi Problem Analysis, Management by Objectives (MBO), Perencanaan Pesan, Perencanaan Media, Budget dan Evaluasi. Meskipun teori itu belum diterapkan sepenuhnya seperti Verification Research, dan Analisis Kerja. Faktor Pendukung yang mempengaruhi keberhasilan Strategi Dakwah Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah adalah Keberadaan Pemegang Keputusan MT PPM menjadi faktor utama berhasilnya strategi dakwah, Tingkat Pendidikan Pengurus dan Pegawai MT PPM, Keaktifan Followers dan Audience, Peralatan Studio yang memadai, Sinergitas dengan Majelis lain dalam Persyarikatan Muhammadiyah. Adapun faktor penghambatnya adalah Pengurus Majelis Tabligh yang lanjut usia, Kurangnya Sumber Daya Manusia, Kurangnya para Mubaligh Muda, terbatasnya waktu pengurus, dan masih terfokus pada dakwah offline.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2021 02:22
Last Modified: 03 Nov 2021 07:22
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2306

Actions (login required)

View Item
View Item