MOTIF PENGGUNA AKTIF APLIKASI KENCAN ONLINE TINDER

Muhammad Alvin Syarif M. (2020) MOTIF PENGGUNA AKTIF APLIKASI KENCAN ONLINE TINDER. S3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tulisan ini mengkaji sebuah permasalahan mengenai bagaimana motif penggunaan aplikasi kencan online Tinder di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pemilihan Tinder menjadi sebagai obyek yang diteliti karena Tinder merupakan salah satu dari 5 Top Aplikasi Kencan Online yang memiliki pengunduh terbanyak. Tinder juga cukup terkenal dikalangan pengguna aktif media sosial di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Informan berjumlah 5 orang yang bertempat tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sudah menggunakan aplikasi tersebut lebih dari 6 bulan sejak tahun 2018. Informasi yang diperoleh dari para informan kemudian dianalisis dengan teori Uses and Gratification dan teori motif penggunaan media baru (new media).
Hasil penelitian ini menemukan bahwa motif pengguna aktif aplikasi kencan online Tinder terdiri dari motif informasi, motif identitas pribadi, motif integrasi dan interaksi sosial, dan motif hiburan. Faktor dominan informan dalam menggunakan Tinder adalah dalam rangka memuaskan rasa ingin tahu mereka tentang pengguna atau lawan jenis lainnya dan pemenuhan kebutuhan untuk tujuan tertentu melalui aplikasi Tinder.
Kata Kunci : Media Baru, Motif, Kencan Online, Tinder

Item Type: Thesis (S3)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2021 02:16
Last Modified: 03 Nov 2021 07:29
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2338

Actions (login required)

View Item
View Item