PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PEMBUATAN MATERI PEMBELAJARAN ASINKRON MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 9.0

Faisyal Candra (2020) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PEMBUATAN MATERI PEMBELAJARAN ASINKRON MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 9.0. S3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)

Abstract

Pada masa pandemi covid-19 ini memaksa proses pembelajaran dilakukan secara online. Proses pembelajaran online diklasifikasikan menjadi dua model yaitu sinkron dan asinkron. Dari kajian pustaka menyebutkan bahwa adanya kesulitan pengajar dalam menyusun materi pembelajaran asinkron. Hal ini menimbulkan masalah bagi pengajar dalam memberikan materi dan penilaian bahwa peserta didik memahami materi yang telah diberikan. Dalam penelitian ini memunculkan ide untuk membuat buku petunjuk pembuatan materi pembelajaran asinkron. Dalam hal ini banyak perangkat lunak yang dapat membantu dalam membuat konten pembelajaran salah satu nya yaitu iSpring Suite. Ada tiga keunggulan dari iSpring Suite antara lain tampilan lebih interaktif, dapat menambahkan gambar, video dan animasi, serta dapat mempublikasikan dalam berbagai format seperti SCORM, HTML5, video, xAPI/TinCan, AICCI, dan cmi5. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan cara membuat kajian tentang penting nya buku pelatihan, efektifitas pembelajaran asinkron, dan kajian perangkat lunak yang menghasilkan sebuah analisis kebutuhan. Hasil pengujian dilakukan dengan mengikuti standar penilaian yang dibuat oleh Badan Standar Nasional Pendidikan. Penelitian studi pustaka ini menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa buku yang telah dibuat mempunyai kelebihan tentang penjelasan dan cara penggunaan semua fitur yang ada pada aplikasi iSpring Suite, terdapat penerapan pemindahan buku cetak menjadi modul elektronik, dan penerapan taksonomi bloom dalam membuat konten pembelajaran asinkron menggunakan iSpring Suite sehingga mempermudah pengajar dalam menyusun materi asinkron

Item Type: Thesis (S3)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2021 02:11
Last Modified: 03 Nov 2021 07:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2366

Actions (login required)

View Item
View Item