Krisna Arya Dwinanda (2020) MANAJEMEN PRODUKSI DALAM PROGRAM SIARAN NET YOGYA DI STASIUN TELEVISI NET BIRO YOGYAKARTA DI ERA DIGITAL (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Manajemen Produksi Dalam Program Siaran NET YOGYA Di Stasiun Televisi NET Biro Yogyakarta Di Era Digital). S3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (312kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (59kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (190kB)
Bab I.pdf
Download (982kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (611kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (154kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (270kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (856kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Progam Studi Ilmu Komunikasi
Konsentrasi Broadcasting
Krisna Arya Dwinanda 20130530046
Manajemen Produksi Dalam Program Siaran NET YOGYA Di Stasiun Televisi NET Biro Yogyakarta Di Era Digital
Tahun Skripsi: 2020 + 13I pages
Daftar Kepustakaan: 30 Buku + 11 Jurnal + 5 Sumber Online
Penelitian ini berjudul Manajemen Produksi dalam Program Siaran NET Yogya di Stasiun Televisi NET Biro Yogyakarta di Era Digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Manajemen Produksi dalam Program Siaran NET Yogya di Stasiun Televisi NET Biro Yogyakarta di Era Digital.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah di NET Biro Yogyakarta, data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi langsung dengan NET Biro Yogyakarta seperti kru dan produser. Penelitian ini menggunakan teori manajemen produksi. Teknik validitas data yang digunakan penelitian ini yaitu, teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen produksi siaran NET Yogya yang dilakukan NET Biro Yogyakarta dalam era digital, dapat disimpulkan bahwa proses produksi berita sebagai produk jurnalistik dalam proses perencanaan dan pelaksanaan untuk media digital dan dan elektronik tidak memiliki perbedaan. Perbedaan terlihat pada proses distribusi atau penyiaran berita yang telah diproduksi. Penyiaran berita memperhatikan karakteristik media sosial yang memiliki perbedaan antara satu sama lainnya. Instagram yang memiliki durasi berbeda dengan youtube secara video, dimana Instagram memiliki batasan waktu selama satu menit sementara youtube tidak terbatas durasi. Sehingga perlu dilakukan re-edit terhadap pemberitaan yang akan didistribusikan melalui Instagram secara ringkas dan padat tetap mengacu 5W1H. Stasiun berita dapat mempersuasif pengguna Instagram untuk mengunjungi channel youtube dengan menyantumkan url atau link dari channel pemilik stasiun berita. Karakteristik media digital yang interaktif dapat dimanfaatkan oleh pemilik stasiun berita untuk mengelola feedback dari pembaca atau pemirsa untuk perbaikan kualitas kinerja stasiun berita.
Kata Kunci: Era Digital, NET Biro Yogyakarta, Pra Produksi, Produksi, Pasca Produksi
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 02:05 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 03:12 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2388 |