Irhasul Azmi (2020) PENGARUH LITERASI KEUANGAN MELALUI KAMPANYE YUK NABUNG SAHAM TERHADAP MINAT INVESTASI MAHASISWA DI PASAR MODAL SYARIAH. S3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (298kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (48kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (242kB)
Bab I.pdf
Download (308kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (671kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (111kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (226kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (68kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (96kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (418kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh literasi keuangan melalui kampanye Yuk Nabung Saham terhadap minat investasi mahasiswa di pasar modal syariah. Desain penelitian adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini merupakan mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM UMY) sebanyak 104 mahasiswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Uji coba instrumen dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji linieritas. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan uji lininer sederhana serta uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen yaitu literasi keuangan melalui kampanye Yuk Nabung Saham berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu minat mahasiswa untuk berinvestasi di pasar modal syariah. Hal tersebut bisa terlihat dari nilai koefisien 0.874 yang memiliki arti bahwa setiap pergerakan 1% tingkat literasi keuangan (X), maka minat investasi (Y) akan meningkat sebesar 0.874. Kemudian nilai signifikansi sebesar 0.00 (<0.05) serta nilai R square sebesar 0.740. Artinya variabel literasi keuangan melalui kampanye Yuk Nabung Saham (X) memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel minat investasi mahasiswa di pasar modal syariah (Y) sebesar 74.0%
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 02:02 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 07:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2389 |