STUDI KOMPARATIF PENDIDIKAN KARAKTER SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN LAWRENCE KOHLBERG

Solekhah Nur Hikmah (2020) STUDI KOMPARATIF PENDIDIKAN KARAKTER SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN LAWRENCE KOHLBERG. S3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (837kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komparasi konsep pendidikan
karakter antara Syed Muhammad Naquib al-Attas dan Lawrence Kohlberg. Penelitian
ini merupakan penelitian pustaka. Metode pengumpulan data menggunakan teknik
dokumentasi. Metode analisis data berupa metode deskriptif-analatik.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Konsep ta’dib
al-Attas merupakan langkah mengembalikan kesadaran manusia bahwa pendidikan
tidak sekedar belajar tanpa mengaplikasikan ilmu dalam tatanan kehidupan. Selain itu,
pendidikan karakter mempunyai tujuan membentuk Insān Kāmil yaitu manusia yang
mampu bertindak dengan mengintegrasikan aspek ketuhanan dan aspek kemanusiaan.
Sedangkan Kohlberg fokus terhadap teori perkembangan moral yang erat kaitannya
dengan pendidikan karakter, hal ini berdasarkan kepada tujuan pendidikan karakter
atau moral yang dirancang oleh Kohlberg yakni mencapai orientasi etika universal.

Item Type: Thesis (S3)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2021 02:05
Last Modified: 04 Nov 2021 03:13
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2390

Actions (login required)

View Item
View Item