INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI VORSCA DALAM MENARIK PELANGGAN DI YOGYAKARTA TAHUN 2017

Alif Fakhrurrozi (2020) INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI VORSCA DALAM MENARIK PELANGGAN DI YOGYAKARTA TAHUN 2017. S3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (483kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (612kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji penggunaan media sosial instagram dalam kegiatan promosi Vorsca pada tahun 2017. Vorsca merupakan sebuah produk yang menjual pewangi atau pengharum sepatu di Kota Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan kerangka teori komunikasi pemasaran online untuk menganalisis kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Gate Store dalam menarik pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Dengan sumber data berasal dari wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan instagram sebagai bentuk dari internet marketing mampu menjadi alat untuk menarik minat konsumen dalam membeli sebuah produk. Upaya menarik minat pelanggan dilakukan Vorsca dengan dengan memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media promosinya. Instagram merupakan media yang tepat untuk digunakan dalam menjangkau target konsumen dari vorsca yang merupakan berusia 15-35 tahun yang menggunakan instagram sebagai media informasi dan interaksi. Selain itu fitur-fitur yang disediakan seperti komentar dan likes serta direct message membantu Vorsca untuk berinteraksi dengan pelanggan secara langsung. Pengelolaan instagram sebagai alat promosi juga di-integrasikan dengan kegiatan promosi lainya seperti periklanan, publisitas serta promosi penjualan. Diantara aktivitas tersebut, Penjualan Promosi Online (Sales Promotion Online) adalah aktivitas promosi online yang paling sering dilakukan oleh Vorsca melalui Instagram dalam bentuk promo-promo terbaru seperti promo potongan harga atau buy 2 get 1. Hal ini terbukti dapat meningkatkan minat konsumen untuk mengetahui produk vorsca yang dilihat dari feedback para pengguna instagram.Terdapat beberapa faktor yang mendukung Instagram menjadi media promosi online Vorsca seperti biaya yang rendah, bisa digunakan dimanapun dan kapanpun, dibandingkan promosi melalui TV, Billboard, dan lain-lain.

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Instagram, Vorsca.

Item Type: Thesis (S3)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2021 02:07
Last Modified: 04 Nov 2021 03:08
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2394

Actions (login required)

View Item
View Item