PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA MAN YOGYAKARTA 2

ANISA ROHMAWATI (2016) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA MAN YOGYAKARTA 2. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (676kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (140kB)

Abstract

*25 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kondisi fasilitas belajar MAN Yogyakarta II. 2) metode mengajar guru yang digunakan. 3) kondisi minat belajar SKI siswa MAN Yogyakarta II. 4) pengaruh antara fasilitas belajar dan metode mengajar guru terhadap minat belajar SKI siswa MAN Yogyakarta II.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif model korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 10 dan 11 serta sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu stratified random sampling, sedangkan pengambilan sampel diambil 25% dengan cara diambil acak atau mengambil nomor absen ganjil siswa. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif yaitu statistik deskriptif dan regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa 60% siswa menyatakan kondisi fasilitas belajar sudah lengkap. Selanjutnya, 71% siswa mengatakan bahwa metode mengajar guru sudah bervariasi. Kemudian, mengenai minat belajar berada pada posisi yang seimbang antara yang tinggi dengan yang rendah yaitu sebesar 50%. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap minat belajar ditunjukkan dengan nilai (2,635 > 1.984) dan signifikan 0,010. (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode mengajar guru terhadap minat belajar ditunjukkan dengan nilai (3,442 > 1.984) dan signifikan 0,001. (3) adapun pengaruh fasilitas belajar dan metode mengajar guru terhadap minat belajar SKI siswa MAN Yogyakarta II, dapat dilihat pada hasil uji F yaitu 8,657 > 3,09 dan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Pengaruh fasilitas belajar dan metode mengajar guru berkontribusi sebesar 15,1%, sedangkan 84,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. (4) Metode mengajar guru lebih berpengaruh terhadap minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini dapat dilihat bahwa nilai Koefisien Determinasi (R Square) metode mengajar guru sebesar 0,091. Dengan demikian, maka kontribusi variabel metode mengajar guru mempengaruhi minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam sebesar 9,1%, sedangkan, 90,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.
Keyword: Fasilitas belajar, metode mengajar guru, minat belajar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *25 FASILITAS BELAJAR, METODE MENGAJAR GURU, MINAT BELAJAR
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 02 Feb 2022 07:01
Last Modified: 02 Feb 2022 07:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/24261

Actions (login required)

View Item
View Item