Sri Sultinah (2020) PERANAN KELUARGA DAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KONSEP KECERDASAN MAJEMUK PADA PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK (Studi Kasus pada RA Baiturrahmah Sukoharjo). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (454kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (346kB)
Bab I.pdf
Download (316kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (171kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (263kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (253kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (175kB)
Abstract
Pendidikan mengemban misi pembentukan karakter (character building) sehingga para peserta dan para lulusannya dapat berpartisipasi dalam mengisi pembangunan dengan baik dan berhasil dengan karakter mulia yang berdasarkan iman dan Islam. Untuk membangun manusia yang memiliki nilai karakter yang agung seperti dirumuskan dalam tujuan pendidikan nasional tersebut, dibutuhkan sistem pendidikan yang memiliki materi yang komprehensif (kaffah), serta ditopang oleh pengelolaan dan pelaksanaan yang benar.
Penelitian ini memiliki tujuan (1) menganalisis peranan keluarga dalam implementasi kecerdasan majemuk dalam pembentukan karakter anak, (2) menganalisis peranan guru dalam implementasi kecerdasan majemuk pembentukan karakter anak, (3) menganalisis implementasi kecerdasan majemuk dalam pembentukan karakter anak, (4) mengidentifikasi dampak dan manfaat peranan keluarga dan guru dalam implementasi kecerdasan majemuk pada pembentukan karakter anak di Raudhatul Athfal Baiturrahmah Sukoharjo
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dirancang untuk mengetahui peranan keluarga, guru dan implementasi kecerdasan majemuk dalam pembentukan karakter amak (studi kasus di RA Baiturrahmah Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah). Berupa analisis kualitatif dengan pendekatan yang sifatnya multidisiplin. Penelitian ini selain memaparkan secara etnografis sekolah yang diteliti di lokasi penelitian, sekaligus akan mencoba untuk membongkar dan memahami gagasan atau ide tersembunyi di balik terjadinya peranan keluarga, guru dan implementasi konsep kecerdasan majemuk anak di sekolah tersebut.
Hasil penelitian ini adalah (1) peranan keluarga dalam implementasi kecerdasan majemuk pada pembentukan karakter di RA Baiturrahmah berupa keluarga sebagai wahana utama pembentukan karakter anak, keluarga memperhatikan aspek penting dalam pembentukan karakter, pola asuh keluarga, orangtua menjadi pendidik, orangtua melatih bertata krama, keluarga mendidik dengan komunikasi, dan keluarga membangun kecerdasan emosional dan spiritual, (2) Peranan guru dalam implementasi kecerdasan majemuk pada
xi
pembentukan karakter anak di RA Baiturrahmah dengan menanamkan tiga konsep, yaitu diri ideal, citra diri, dan harga diri. Di samping itu guru memiliki peranan, yaitu komunikatif, memiliki kesabaran, menerima kritik dan saran, pengertian, penyayang dan menghargai, selalu berlaku positif, ramah, menyenangkan, dan friendly, jujur, dan tidak melakukan kekerasan, (3) implementasi kecerdasan majemuk dalam pembentukan karakter berupa pemanfaatan kecerdasan majemuk dalam pembelajaran, menilai kecerdasan majemuk siswa, kecerdasan majemuk dan pengembangan kurikulum, kecerdasan majemuk dan strategi pengajaran, serta proses pendidikan holisitik di RA Baiturrahmah, dan (4) Dampak dan manfaat peranan keluarga dan guru dalam implementasi konsep kecerdasan majemuk pada karakter anak berupa perubahan karakteristik, keluarga, dan guru. Perubahan tersebut sebagai wahana pembentukan karakter.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Program Doktor > Psikologi Pendidikan Islam S3 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 01:48 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 03:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2447 |