ORRIS EIAN ZACHARY (2016) AKTIVITAS HUMAS PEMERINTAH KABUPATEN SLEMAN DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM EKONOMI (STUDI DESKRIPTIF AKTIVITAS HUMAS DALAM PROGRAM “CINTA KARYA BANGSA”) TAHUN 2010-2014. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (171kB)
Halaman Judul.pdf
Download (391kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (2MB)
Abstract.pdf
Download (217kB)
Bab I.pdf
Download (311kB)
Bab I.pdf
Download (311kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (380kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (168kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (168kB)
Abstract
Komitmen Pemerintah Kabupaten Sleman dalam meningkatkan nilai ekonomi produk lokal Sleman diwujudkan dalam program “Cinta Karya Bangsa”. Dalam hal ini humas Pemerintah Kabupaten Sleman melakukan aktivitasnya dalam sosialisasi program ekonomi melalui program “Cinta Karya Bangsa”.
Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Bidang Perekonomian Pemerintah Kabupaten Sleman, Kepala Humas Pemerintah Kabupaten Sleman, peserta UKM dan masyarakat umum. Analisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian data dan menyimpulkan. Validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber.
Aktivitas yang dilakukan humas dalam sosialisasi program “Cinta Karya Bangsa” yaitu membuat program pembelian dan penggunaan produk lokal terutama produk Sleman, mengadakan event/kegiatan berupa pameran-pameran dan mengadakan pasar lebaran, terlibat dalam event Pekan Raya Jakarta tahun 2002, mengadakan program Dialog Sembada dan siaran melalui radio. Media publikasi yang digunakan yaitu media pers (media cetak), radio, televisi, pameran (exhibition), bahan cetakan, surat langsung, pesan lisan, jurnal organisasi dan website. Faktor pendukung humas Pemerintah Kabupaten Sleman dalam sosialisasi yaitu adanya SK Bupati mengenai program ini sehingga Humas dapat menentukan arah, tujuan dan kebijakan yang mendukung program “Cinta Karya Bangsa” dan memiliki sumber daya manusia dengan tingkat pendidikan yang cukup tinggi sehingga memiliki wawasan yang luas termasuk kesediaan terlibat dalam program “Cinta Karya Bangsa”. Faktor penghambatnya antara lain keterbatasan dana dan masih banyak masyarakat yang menganggap produk impor lebih berkualitas dibandingkan lokal.
Kata kunci: Aktivitashumas pemerintah, Sosialisasi, cinta karya bangsa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | AKTIVITASHUMAS PEMERINTAH, SOSIALISASI, CINTA KARYA BANGSA |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 02:43 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 02:43 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/24701 |