Wahyu Sekar Hidayat (2020) KENYAMANAN BERKENDARA PENGEMUDI TAKSI ONLINE BERDASARKAN NORDIC BODY MAP. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (908kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kursi pengemudi adalah sistem penting dari mobil apa pun, juga sistem yang rumit terdiri dari begitu banyak bagian, penyesuaian serta sistem keselamatan. Penyesuaian kursi mencakup penyesuaian ketinggian, penyesuaian depan dan belakang, penyesuaian garis belakang. Tiga tujuan utama kursi pengemudi adalah keselamatan, kesehatan, dan kenyamanan pengemudi.
Penelitian ini dilaksanakan di kota Yogyakarta, dengan cara wawancara secara individual dan mengisi kuesioner. Sebanyak 70 responden yang telah memberikan data dan peneliti mendapatkan hasil dari seluruh data yang di tujukan untuk pengemudi taksi online di wilayah kota Yogyakarta.
Berdasarkan hasil olah data SPSS yang di peroleh menunjukkan parameter dampak Nordic Body Map yang paling buruk akibat tidak memperhatikan kenyamanan berkendara dan mengemudi secara benar adalah : bagian bokong dengan nilai 2.20 yaitu di kategorikan buruk, karena bokong menopang pada jok cukup lama, jika busa jok dan ukuran jok kurang nyaman maka menyebabkan bokong terasa panas. Semakin kecil angka yang didapat dari data SPSS dampak yang di dapat semakin buruk juga. Penelitian ini menyajikan semua parameter kursi pengemudi seperti antropometri parameter terkait manusia, ergonomis, bahan kursi, parameter terkait keamanan, parameter terkait kenyamanan serta berat dan estetika dengan klasifikasi dan dasar-dasar kursi pengemudi.
Dosen Pembimbing: | RELA ADI HIMAROSA, S.T., M.Eng | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 01:28 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 01:28 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2484 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |