Wahyu Sekar Hidayat (2020) KENYAMANAN BERKENDARA PENGEMUDI TAKSI ONLINE BERDASARKAN NORDIC BODY MAP. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (908kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (53kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Bab I.pdf
Download (190kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (443kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (545kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (291kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (184kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (287kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (178kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (453kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kursi pengemudi adalah sistem penting dari mobil apa pun, juga sistem yang rumit terdiri dari begitu banyak bagian, penyesuaian serta sistem keselamatan. Penyesuaian kursi mencakup penyesuaian ketinggian, penyesuaian depan dan belakang, penyesuaian garis belakang. Tiga tujuan utama kursi pengemudi adalah keselamatan, kesehatan, dan kenyamanan pengemudi.
Penelitian ini dilaksanakan di kota Yogyakarta, dengan cara wawancara secara individual dan mengisi kuesioner. Sebanyak 70 responden yang telah memberikan data dan peneliti mendapatkan hasil dari seluruh data yang di tujukan untuk pengemudi taksi online di wilayah kota Yogyakarta.
Berdasarkan hasil olah data SPSS yang di peroleh menunjukkan parameter dampak Nordic Body Map yang paling buruk akibat tidak memperhatikan kenyamanan berkendara dan mengemudi secara benar adalah : bagian bokong dengan nilai 2.20 yaitu di kategorikan buruk, karena bokong menopang pada jok cukup lama, jika busa jok dan ukuran jok kurang nyaman maka menyebabkan bokong terasa panas. Semakin kecil angka yang didapat dari data SPSS dampak yang di dapat semakin buruk juga. Penelitian ini menyajikan semua parameter kursi pengemudi seperti antropometri parameter terkait manusia, ergonomis, bahan kursi, parameter terkait keamanan, parameter terkait kenyamanan serta berat dan estetika dengan klasifikasi dan dasar-dasar kursi pengemudi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 01:28 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 01:28 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2484 |