STRESS MASSA

FAUZI MUSTAKMAN (1999) STRESS MASSA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (80kB)

Abstract

Banyak ahli yang mendefinisikan tentang stress. Salah satunya bahwa stress massa adalah merupakan tekanan-tekanan yang teriadi dalam masyarakat sehingga menimbulkan masalah. Stress massa merupakan sesuatu yang dapat membuat merasa tertekan, marah, frustasi dan sedih dalam kehidupan masyarakat (Coleman, 1991).
Sebagai suatu fenomena kesehatan, stress menduduki posisi yang semakin panting dalam kehidupan modern. Ini berkaltan dengan banyaknya penyakit kejiwaan yang disebabkan atau berpangkal dari stress.
Mulai pertengahan tahun 1997, telah terjadi peristiwa yang melibatkan orang secara massa, yang menimbulkan banyak korban balk maters, Jiwa maupun kondisi keamanan yang semakin memprihatinkan. Stress massa telah membuat masyarakat tertentu (terutama dari golongan menengah kebawah) di Indonesia bertindak anarkis dan di luar kontrol.
Banyak faktor yang mempengaruhi stress, kemiekinan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi timbulnya stress dalam masyarakat. Diawali dengan krisis ekonomi tahun 1997 masyarakat Indonesia pada umumnya merasakan akibatnya dan berlanJut ke segala sendi kehidupan. Disamping faktor ekonomi tersebut, timbulnya stress massa Juga dipengaruhi oleh keadaan sosial, politik di negara Indonesia terlihat sejak berhentinya Soeharto . sebagai Presiden RI pada tanggal 21 Mei 1998. Oleh karena itu penanganan stress massa memerlukan keria sama semua pihak antara lain aparat keamanan (Polisi dan TNI), pihak Pemerintah, segenap Organisasi Partai Politik di Indonesia, Mahasiswa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Cendekiawan dan Konglomerat agar Indonesia terlepas dari kesulitan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: STRESS, MASSA
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 06 Jan 2022 07:00
Last Modified: 06 Jan 2022 07:00
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25313

Actions (login required)

View Item
View Item