NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT AL-BAQARAH AYAT 129-132 (STUDI KOMPARATIF TAFSIR AL-MANAR DENGAN AL-AZHAR)

ARIEF HENDRA KURNIAWAN (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT AL-BAQARAH AYAT 129-132 (STUDI KOMPARATIF TAFSIR AL-MANAR DENGAN AL-AZHAR). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (963kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk (1) mengetahui penafsiran Rasyid Ridha terhadap Surat Al-Baqarah ayat 129-132, (2) mengetahui penafsiran Buya Hamka terhadap Surat Al-Baqarah ayat 129-132, (3) mengetahu persamaan-perbedaan penafsiran Rasyid Ridha dan Buya Hamka terhadap Surat Al-Baqarah ayat 129-132, (4) mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam Surat Al-Baqarah Ayat 129-132. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research).
Penelitian ini termasuk jenis penelitian pustaka dengan metode pengumpulan data teknik dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis isi (Content Analisys). Tahap awal penggunaan content analisis ini adalah merumuskan dengan tepat apa yang ingin diteliti kemudian memilih obyek penelitian yang menjadi sasaran analisis. Analisis ini didahului dengan pemberian coding terhadap istilah-isilah yang relevan kemudian diklasifikasikan sejauh mana satuan makna berhubungan dengan tujuan penelitian. Satuan makna tersebut kemudian dianalisis dan dicari hubungan satu dengan lainnya untuk menemukan makna, arti, dan tujuan isi komunikasi. Sumber primer yang digunakan adalah Tafsir Al-Manar dan Al-Azhar sedang sumber sekunder adalah Tafsir As-Sa’di, Tafsir Fiẓilalil Qur’an, dan buku lain yang mendukung penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penafsiran Rasyid Ridha dan Buya Hamka, termasuk jenis tafsir bi al-ra’y dengan menggunakan metode tahlīlî dan berjenis corak sosial kemasyarakatan. Persamaan penafsiran kedua mufassir ini sama-sama menafsirkan al-kitab dan al-hikmah sebagai Al-Quran dan Sunnah, menjelasakan dalil rasional tentang penyembahan Allah, menjelasakn wasiat Nabi Ibrahim kepada keturunanya. Sedangkan perbedaan keduanya, Ridha menjelaskan ayat dengan kaedah nahwu sharaf dan uslub bahasa yang indah. Hal ini tidak ditemukan dalam penjelasan Hamka. Sedangkan Hamka menjelaskan ayat dengan menjelaskan menambahkan kejadian sejarah manusia yang terkait dengan ayat. Nilai-nilai pendidkan yang terkandung dalam Surat Al-Baqarah Ayat 129-132 secara umum adalah nilai tauhid, keteladanan, ikhlas, cerdas, dan ihsan.
Key-Word: Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Tafsir Al-Manar dan Tafsir Al-Azhar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM, TAFSIR AL-MANAR DAN TAFSIR AL-AZHAR
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 06 Jan 2022 07:48
Last Modified: 06 Jan 2022 07:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25344

Actions (login required)

View Item
View Item