KOMPETENSI KEPEMIMPINAN MANAJER DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KOTA YOGYAKARTA

WINDY ARISTIANI (2016) KOMPETENSI KEPEMIMPINAN MANAJER DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KOTA YOGYAKARTA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: rumah sakit PKU Muhammadiyah adalah rumah sakit yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan di bawah pimpinan pusat Muhammadiyah. Persaingan yang semakin tajam dan cepat di bidang teknologi menyebabkan perubahan drastis pada setiap organisasi, sehingga membutuhkan sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan memberikan pelayanan prima dan dapat memberikan nilai kepuasan bagi pelanggan (customer satisfaction) yang berorientasi pada visi dan misi organisasi (customer value) organisasi sehingga dapat membawa sumber daya manusia yang memiliki keahlian dan kemampuan unik (Widayat, 2009). Agar rumah sakit dapat bertahan dan berkembang menyesuaikan kondisi persaingan yang semakin kompetetif, maka rumah sakit harus mempunyai keunggulan bersaing (competitive advantage) untuk menjadi yang terbaik, dengan cara harus berusaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia dimulai dari pimpinan sampai kepada bawahan serta sistem manajemen yang handal.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode mixed method dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Digunakan data primer di lapangan, diperoleh dari wawancara, diskusi kelompok dan pemberian kuesioner kepada semua tingkatan manajer. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2015. Objek penelitian adalah pimpinan dan manajemen (manajer tingkat puncak, manajer tingkat menengah, dan manajer tingkat bawah) di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.
Hasil dan Pembahasan: Karakteritik usia manajer < atau = 30 tahun 7.7%, > 50 tahun 15.4%, usia produktif 41 – 50 tahun. Rentang lamanya masa kerja manajer mulai dari 4 – 23 tahun, masa kerja < 5 tahun 15.4%, masa kerja 6 – 10 tahun dan 11 – 20 tahun berjumlah paling banyak 69.3%. Analisis indepth interview dan diskusi: terlihat kapasitas manajer bawah dan tengah masih belum memenuhi kebutuhan PKU, sedangkan manajer puncak telah dapat memenuhi kebutuhan rumah sakit.
Kesimpulan: Kompetensi manajer rumah sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta saat ini berada pada tingkat advanced, berarti manajer dapat melakukan pekerjaannya dengan efektif dan percaya diri.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: KOMPETENSI MANAJERIAL, MANAJEMEN RUMAH SAKIT.
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jan 2022 03:21
Last Modified: 22 Jan 2022 03:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25389

Actions (login required)

View Item
View Item