HUBUNGAN ANTARA KINERJA DAN SIKAP PETUGAS DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM RACHMA HUSADA BANTUL YOGYAKARTA

IDA RATNAWATI (2016) HUBUNGAN ANTARA KINERJA DAN SIKAP PETUGAS DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM RACHMA HUSADA BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (294kB)

Abstract

INTISARI
Latar Belakang: RSU. Rachma Husada merupakan salah satu rumah sakit swasta yang di Kabupaten Bantul. Jumlah tempat tidur sebanyak 50 tempat tidur. Tahun 2014, jumlah pasien rawat inap sebesar 2.373 pasien. Jumlah tempat tidur yang terpakai (BOR) sebesar 38, 72 %. Hai ini menunjukkan bahwa pemanfaatan rumah sakit belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu organisasi RSU. Rachma Husada secara efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan kepada pasien.
Metode: Jenis penelitian ini observasional dengan rancangan Cross Sectional Study. Populasi seluruh petugas dan pasien rawat inap yang ada pada saat penelitian dilaksanakan. Sampel ditentukan dengan Total Sampling yaitu sebanyak 15 petugas dan 86 pasien rawat inap. Analisa data menggunakan Regresi Logistik Ganda dengan model prediksi.
Hasil dan Pembahasan: hasil analisis multivariate, nilai OR (Exp B) kinerja petugas (X1) sebesar 7,67. Kinerja petugas yang sesuai dengan standar yang ditetapkan RSU. Rachma Husada mempunyai peluang untuk memuaskan pasien rawat inap (Y) sebesar 7,67 kali lebih besar. Sikap petugas para medis (X2) mempunyai OR (Exp B) sebesar 9,77. Sikap petugas yang tidak membedakan dalam memberikan pelayanan kepada pasien dengan jaminan dan tanpa jaminan mempunyai peluang untuk memuaskan pasien rawat inap (Y) sebesar 9,77 kali lebih besar.
Kesimpulan: Ada hubungan antara kinerja (X1) dan sikap (X2) petugas dengan kepuasan pelayanan kepada pasien (Y).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KINERJA PETUGAS, SIKAP PETUGAS, KEPUASAN PASIEN
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 25 Jan 2022 06:31
Last Modified: 25 Jan 2022 06:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25393

Actions (login required)

View Item
View Item