PENGGUNAAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING BAGI PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI KOTA YOGYAKARTA

HELMI KURNIAWAN, S.PD.I (2016) PENGGUNAAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING BAGI PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan metode active knowledge sharing dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SD Muhammadiyah Sokonandi Semaki Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta dalam proses belajar mengajar di kelas.
Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif tindakan kelas. Adapun lokasi yang peneliti pilih adalah SD Muhammadiyah Sokonandi Semaki Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi dan metode angket.
Berdasarkan hasil data yang diperoleh, dampak penerapan metode active knowledge sharing terhadap kepercayaan diri siswa secara rata-rata mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dalam tabel pra dan pasca tindakan kelas. Pra tindakan kelas sebesar x̄ = 75.17 dan pasca tindakan sebesar x̄ = 82.48. Berdasarkan hal tersebut terjadi peningkatan kurang lebih sebesar: (82.48 – 75.17) / 75.17 x 100% = 9.73%.
Berdasarkan hasil data penelitian yang penulis lakukan dalam penelitian ini, dapat penulis simpulkan : metode active knowledge sharing dapat digunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Secara garis besar ada dua aktifitas dalam metode active knowledge sharing yang dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. (I) metode active knowledge sharing mengondisikan untuk mengerjakan soal bersama teman. (II) metode active knowledge sharing mengondisikan siswa untuk menyampaikan jawaban atau pembahasan di depan kelas. Dua aktifitas inilah yang pada gilirannya meningkatkan atau menumbuhkan kepercayaan diri siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING KEPERCAYAAN DIRI SISWA SD SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2022 04:01
Last Modified: 26 Jan 2022 04:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25434

Actions (login required)

View Item
View Item