VALIDITAS DAN RELIABILITAS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IX TAHUN PELAJARAN 2015/2016 DI MTS. MUHAMMADIYAH WONOSARI

WINOTO (2016) VALIDITAS DAN RELIABILITAS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IX TAHUN PELAJARAN 2015/2016 DI MTS. MUHAMMADIYAH WONOSARI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan]
Preview
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.jpg

Download (876kB) | Preview
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis tingkat validitas setiap butir soal ulangan akhir semester ganjil mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IX di MTs. Muhammadiyah Wonosari. Untuk mengetahui dan menganilisis tingkat kesukaran butir soal ulangan akhir semester ganjil mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IX di MTs. Muhammadiyah Wonosari. Untuk mengetahui dan menganilisis kemampuan daya beda butir soal ulangan akhir semester ganjil mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IX di MTs. Muhammadiyah Wonosari. Untuk mengetahui dan menganalisis reliabilitas butir soal ulangan akhir semester ganjil Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IX di MTs. Muhammadiyah Wonosari
Metode pengumpulan data Dokumentasi yang digunakan untuk memperoleh data tentang lembar soal dan lembar jawab siswa yang kemudian dari kedua sumber tersebut dilakukan analisis data mulai dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran butir soal serta daya pembeda. Interview yang digunakan dalam penelitian ini adalah inguided Interview (wawancara bebas). Interview bebas adalah suatu proses Interview dimana pewawancara bebas menanyakan apa saja, tetapi juga mengingat akan data apa yang akan disampaikan.
Hasil Penelitian menunjukkan Validitas butir soal tes Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Sejarah kebudayaan Islam kelas IX di MTs Muhamamdiyah Wonosari Gunungkidul dilihat dari validitasnya sudah memadai. Hal ini terlihat dari seluruh soal, 60 % yang dapat dikategorikan / dikatakan valid. Sedangkan, sejumlah 40 % soal dikategorikan invalid (negatif, sangat rendah, rendah). Tingkat Kesukaran Item Butir Ulangan Akhir Semester Gasal Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IX Di MTs Muhammadiyah Wonosari Gunungkidul, tingkat kesukaran secara keseluruhan terhadap soal-soal sukar. Daya pembeda soal Ulangan Akhir Semester Gasal mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IX Di MTs Muhammadiyah Wonosari Gunungkidul, memiliki daya pembeda yang baik. Tingkat reliabilitas antar soal pilihan ganda pada ulangan Akhir semester mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam kelas IX di MTs Muhammadiyah Wonosari Tergolong sebesar 0,904. Berdasarkan klasifikasi Suharsimi Arikunto reliabilitas tersebut termasuk dalam katagori sangat tinggi.
Kata Kunci : Validitas, Reliabilitas, Tingkat kesukaran, Daya pembeda

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: VALIDITAS, RELIABILITAS, TINGKAT KESUKARAN, DAYA PEMBEDA
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2022 03:38
Last Modified: 21 Jan 2022 03:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25647

Actions (login required)

View Item
View Item