PEMBIAYAAN HAJI DAN UMRAH MELALUI SISTEM MULTI LEVEL MARKETING DALAM PERSPEKTIF PRINSIP-PRINSIP UMUM EKONOMI ISLAM

DIMAS HIDIMBIATMAJA (2016) PEMBIAYAAN HAJI DAN UMRAH MELALUI SISTEM MULTI LEVEL MARKETING DALAM PERSPEKTIF PRINSIP-PRINSIP UMUM EKONOMI ISLAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjajaki, mendalami, dan menjelaskan perspektif prinsip-prinsip umum dalam ekonomi Islam terhadap praktik pembiayaan haji dan umrah melalui sistem multi level marketing. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran terhadap khazanah keilmuan muamalat khususnya pada implementasi konsep dan kebijakan yang bertema ekonomi Islam di Indonesia.
Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian pustaka (library research) dan dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode dokumenter. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif.
Setelah melakukan penelitian secara mendalam, hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik multi level marketing yang ada pada pembiayaan haji dan umrah kurang sesuai dengan prinsip-prinsip umum ekonomi Islam. Selain itu, praktik tersebut memiliki risiko mudharat yang lebih banyak dibandingkan manfaatnya. Maka, perlu adanya revitalisasi sistem yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembiayaan haji dan umrah namun tetap dalam koridor nilai syariah.
Kata Kunci: Ekonomi Islam, Pembiayaan, Multi Level Marketing

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI: EKONOMI ISLAM, PEMBIAYAAN, MULTI LEVEL MARKETING
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jan 2022 03:32
Last Modified: 22 Jan 2022 03:32
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25670

Actions (login required)

View Item
View Item