KEPRIBADIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA: ANALISIS PERBANDINGAN ANTARA SISWA DARI KELUARGA UTUH DAN KELUARGA SINGLE PARENT DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 WATES

VELI AFIANI (2016) KEPRIBADIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA: ANALISIS PERBANDINGAN ANTARA SISWA DARI KELUARGA UTUH DAN KELUARGA SINGLE PARENT DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 WATES. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (592kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)

Abstract

*78 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola komunikasi orang tua dalam
penanaman nilai-nilai Islam terhadap remaja, serta menjelaskan pengaruh pola
komunikasi tersebut pada perkembangan sosial dan emosional remaja pada
keluarga muslim di RT 09 Dusun Ngebel, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, penentuan informan dilakukan
purposive, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi
dan dokumenter. Analisis dilakukan secara thick description. Adapun hasilnya
sebagai berikut: Pertama, terdapat tiga kecenderungan pola komunikasi yang
digunakan keluarga Muslim yang memiliki anak remaja di RT 09 Dusun Ngebel
yaitu, (1) pola komunikasi laissez-faire. (2) pola komunikasi protektif. (3) pola
komunikasi pluralistik. Kedua, perbedaan perkembangan sosial dan emosional
remaja dari pola komunikasi laissez-faire ialah remaja tidak dekat dengan orang
tua, tidak memiliki hubungan baik dengan teman-teman. Pada keluarga dengan
pola komunikasi protektif, remaja cenderung tertutup dan patuh pada orang
tuanya. Pada keluarga dengan pola komunikasi pluralistik, remaja memiliki
kecenderungan yang positif, remaja bebas mengemukakan pendapat pada orang
tua, serta memiliki hubungan yang baik dengan teman-temannya. Ketiga, tidak
ditemukan upaya penanaman nilai-nilai Islam yang optimal oleh orang tua pada
remaja yang disebabkan rendahnya pemahaman agama orang tua.
Kata kunci: pola komunikasi, penanaman nilai-nilai Islam, perkembangan sosial
dan emosional remaja

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: POLA KOMUNIKASI, PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAM, PERKEMBANGAN SOSIAL DAN EMOSIONAL REMAJA
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:28
Last Modified: 24 Jan 2022 04:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25691

Actions (login required)

View Item
View Item