PERBANDINGAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL AMIN ABDULLAH DAN H.A.R TILAAR SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM

AMALIA RAMADHANI (2016) PERBANDINGAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL AMIN ABDULLAH DAN H.A.R TILAAR SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (530kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran Amin Abdullah dan H.A.R Tilaar tentang pendidikan multikultural. Kemudian dicari persamaan dan perbedaannya serta relevansinya dengan pendidikan Islam. Adapun manfaat dan kegunaan penelitian ini adalah untuk menambah wawasan keilmuan khususnya yang berhubungan dengan penelitian yang setema sehingga bisa diambil manfaatnya
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat kepustakaan (library research) dengan cara mengelaborasi pemikiran Amin Abdullah dan H.A.R Tilaar melalui referensi-referensi primer dan sekunder yang ada serta relevan dengan tema penelitian, referensi-referensi tersebut lalu diolah dengan metode analisis isi (content analysis) yang bertujuan untuk mendapatkan inti dari data dan informasi kemudian di analisis dengan model berfikir induktif, deduktif dan komparatif untuk mengeahui pemikiran Amin Abdullah dan H.A.R Tilaar.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya beberapa persamaan dan perbedaan antara pemikiran pendidikan multikultural Amin Abdullah dan H.A.R Tilaar. Konsep pendidikan menurut Amin Abdullah adalah pendidikan agama yang bernafaskan perdamaian, memiliki kepekaan terhadap realitas sosial, lebih mengutamakan keselamatan sosial, serta dilandasi dengan nilai-nilai persatuan dan keadilan seperti yang terkandung dalam al-Qur`an dan Sunnah sehingga peserta didik mampu menerima, mengakui dan menghargai perbedaan orang lain. Konsep pendidikan multikutural menurut H.A.R Tilaar adalah pendidikan yang menekankan pada proses penanaman sikap menghormati dan toleran keberagaman budaya yang hidup di tengah-tengah masyarakat plural. Pendidikan yang bercirikan dengan beberapa tipologi , yaitu perbedaan budaya, menekankan hubungan manusia, pendidikan tentang pluralism minus stratifikasi sosial, bersifat reformatif dan mengupayakan rekonstruksi sosial. Persamaan dari konsep yang ditawarkan oleh keduanya Amin Abdullah dan H.A.R Tilaar dilandaskan kepada pemahaman untuk saling memahami, tanpa menghilangkan perbedaan kultur. Karena, tujuan yang diharapkan pun sama dengan tujuan pendidikan. Yaitu: terciptanya peserta didik yang cerdas dan mampu menghargai perbedaan sehingga tidak akan terjadi konfik yang berkepanjangan. Perbedaan konsep pendidikan multikultural menurut Amin Abdullah dan H.A.R Tilaar dengan pendidikan Islam terletak pada landasan teologis (agama: keimanan) dalam pendidikan Islam. Sementara aspek ideologis dalam konsep H.A.R Tilaar dimaknai dalam bentuk etika bersama yang harus dijunjung tinggi, sedangkan Amin Abdulah lebih terlihat menggunakan landasan ideologi pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL, AMIN ABDULLAH, H.A.R TILAAR
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jan 2022 01:56
Last Modified: 22 Jan 2022 01:56
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25797

Actions (login required)

View Item
View Item