PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR FIQH MELALUI PENERAPAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 3

SULASTRI (2016) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR FIQH MELALUI PENERAPAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 3. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Fiqh melalui metode Example Non Example pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Ambarketawang 3.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research-CAR) yang ditempuh dalam dua siklus. Satu siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas V A, dengan jumlah 26 siswa. Terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 10 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan 4 metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif digunakan untuk data observasi dan tes. Sedangkan data kualitatif untuk data wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Example Non Example dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Fiqh. Peningkatan keaktifan tersebut dapat dilihat dari perolehan persentase pada prasiklus 40% (kategori rendah) meningkat pada siklus I menjadi 53% (kategori cukup) meningkat pada siklus II menjadi 76,5% (kategori tinggi). Sedangkan prestasi belajar siklus I sebesar 57% (kategori cukup). Pada siklus II persentase hasil belajar meningkat menjadi 81% (kategori tinggi sekali).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KEAKTIFAN BELAJAR, HASIL BELAJAR, EXAMPLE NON EXAMPLE, DAN PTK
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jan 2022 01:51
Last Modified: 22 Jan 2022 01:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25800

Actions (login required)

View Item
View Item