REPRESENTASI GAYA HIDUP HEDONIS DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIK DALAM IKLAN GUDANG GARAM SIGNATURE, IKLAN GUDANG GARAM MIILD SHIVER DAN IKLAN GUDANG GARAM SIGNATURE MOMENT) REPRESENTATION OF HEDONIST

ANNISA ASSADAH (2016) REPRESENTASI GAYA HIDUP HEDONIS DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIK DALAM IKLAN GUDANG GARAM SIGNATURE, IKLAN GUDANG GARAM MIILD SHIVER DAN IKLAN GUDANG GARAM SIGNATURE MOMENT) REPRESENTATION OF HEDONIST. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (108kB)

Abstract

*39 Iklan Gudang Garam versi Signature, versi Moment, dan versi Shiver bercerita tentang kehidupan beberapa kalangan orang yang ingin merepresentasikan dirinya melalui gaya hidup dan benda-benda kepemilikan. Di mana beberapa hal tersebut menjadi pembeda identitas dan status sosial mereka di masyarakat. Kajian utama dalam penelitian ini adalah gaya hidup hednisme yang di representasikan dalam iklan Gudang Garam. Hedonisme juga sudah berkembang sejak lama, kira-kira pada 433-355 S.M yang ditemukan oleh Aristippos yang kemudian diteruskan oleh filsuf lain yang bernama Epikuros pada 341-270 S.M. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes. Di mana kajian utamanya adalah mengenai penggunaan simbol dan tanda yang berbentuk konotasi serta berisi mitos yang berlaku pada sebuah masyarakat. Hasil penelitian ini adalah tentang representasi gaya hidup hedonise yang digambarkan melalui iklan Gudang Garam versi Signature, Shiver, dan Moment. Hasil tersebut ialah bahwa tanda hedonisme direpresentasikan melalui benda-benda kepemilikan seperti mobil mewah, kemudian hedonisme juga digambarkan melalui fashion yang digunakan. Kemudian yang terakhir, hedonisme direpresentasikan dalam iklan ini melalui penggambaran tempat hiburan malam yang merupakan representasi sebuah identitas bagi masyarakat. Media mepresentasikan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: IKLAN GUDANG GARAM, GAYA HIDUP HEDONIS, PROFIL PT. GUDANG GARAM TBK
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2022 01:54
Last Modified: 21 Jan 2022 01:54
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25961

Actions (login required)

View Item
View Item