STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS JOGJA LAST FRIDAY RIDE (JLFR) DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BERSEPEDA TAHUN 2013

CANDRA ARIBOWO (2016) STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS JOGJA LAST FRIDAY RIDE (JLFR) DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BERSEPEDA TAHUN 2013. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)

Abstract

*26 Jogja Last Friday Ride (JLFR) adalah kegiatan bersepeda bersama yang tercetus pada awal 2010, yang sesuai namanya digelar pada tiap hari Jumat terakhir setiap bulannya dan membatasi rute-rute bersepedanya hanya sebatas Kota Jogja dan sekitarnya yang masih dalam jangkauan. JLFR sedang gencar mengajak masyarakat Yogyakarta lebih mengutamakan transportasi sepeda daripada transportasi kendaraan motor guna mengurangi laju kendaraan bermotor dan kemacetan Yogyakarta. Untuk mengkampanyekan penggunaan sepeda maka diperlukan strategi komunikasi untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Informan penelitian adalah pengurus JLFR. Metode pengumpulan data adalah wawancara mendalam dan studi pustaka.
Hasil penelitian strategi komunikasi Komunitas JLFR dalam Mengembangkan Minat Bersepeda dilakukan dengan melakukan perencanaan yang meliputi: Pengenalan situasi terkait kondisi jalan di Jogja dan identitas Jogja sebagai kota sepeda. Tujuan dari JLFR adalah adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang asiknya bersepeda. Penentuan Segmentasi Khalayak JLFR adalah anak muda karena sebagian besar pesepeda adalah anak muda yang mempunyai perkumpulan yang suka bersepeda dari berbagai kelompok. Penentuan pemilihan Media komunikasi JLFR menggunakan media online melalui website dan jejaring sosial yaitu facebook dan twitter, hal ini dikarenakan tidak adanya sumber dana dalam pengelolaan kegiatan JLFR di Kota Yogyakarta. Manajemen komunikasi dalam kegiatan JLFR dalam mengembangkan minat bersepeda dilakukan dengan melakukan pengorganisasian oleh pengurus yang hanya dikoordinir oleh para penggagas dan admin yang mengelola komunikasi dalam kegiatan JLFR. Pelaksanaan pengarahan informasi dalam kegiatan JLFR melalui facebook atau twiter. Kegiatan JLFR tidak ada pengawasan secara khusus karena semua dikembalikan kepada anggota. Evaluasi kegiatan JLFR dilakukan setiap tahun sekali untuk mengetahui bagaimana tujuan JLFR yaitu untuk mengembangkan Minat dan kecintaan bersepeda. Hasil evaluasi digunakan untuk melakukan perbaikan dengan pengarahan untuk lebih memperbaiki kelemahan dan peluang dalam pelaksanaan kegiatan JLFR untuk untuk meningkatkan kesadaran bersepeda di Kota Yogyakarta.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Jogja Last Friday Ride, minat bersepeda

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *26 KATA KUNCI: STRATEGI KOMUNIKASI, JOGJA LAST FRIDAY RIDE, MINAT BERSEPEDA
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:57
Last Modified: 07 Jan 2022 03:57
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/26002

Actions (login required)

View Item
View Item