PERSAINGAN MEMPEREBUTKAN IKLAN ANTAR RADIO (APLIKASI TEORI NICHE PADA PERSAINGAN MEMPEREBUTKAN IKLAN RADIO JOGJA FAMILY DAN RETJO BUNTUNG PADA BULAN JULI-SEPTEMBER 2015)

HERI SETIAWAN (2016) PERSAINGAN MEMPEREBUTKAN IKLAN ANTAR RADIO (APLIKASI TEORI NICHE PADA PERSAINGAN MEMPEREBUTKAN IKLAN RADIO JOGJA FAMILY DAN RETJO BUNTUNG PADA BULAN JULI-SEPTEMBER 2015). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian persaingan pada kedua media massa radio yaitu Radio Jogja Family dan Retjo Buntung dilakukan karna kedua media mempunyai karakteristik yang sama (persamaan). Media mempunyai sumber daya sebagai penunjang kehidupannya, salah satunya iklan, semakin banyak media maka pesaingan semakin ketat persaingan diantara media tersebut. Jika media media mempunyai karakteristik yang sama, maka persaingan untuk mendapatkan iklan semakin ketat dan menarik. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan Teori Niche, teori ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar persaingan diantara kedua media atau lebih dari dua media. Di dalam perhitungan teori ini, untuk mengukurnya menggunakan dua teknik perhitungan yaitu Niche Breadth dan Niche Overlap. Niche Breadth untuk mengetahui seberapa besar ketergantungan media terhadap iklan dan Niche Overlap untuk mengetahui seberapa besar tingkat persaingan diantara kedua media. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Dari data yang didapatkan selama tiga bulan, maka didapatkan data kedua Radio Jogja Family dan Retjo Buntung dengan Niche Breadth berada pada kelas ………. Pada perhitungan Niche Overlap, maka didapatkan hasil persaingan kedua radio ini …… maka dengan menggunakan teori ini kita dapat mengetahui hasil persaingan kedua media massa tersebut.
Kata Kunci: Pesaingan Media, Deskriptif Kuantitatif, Teori Niche.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PESAINGAN MEDIA, DESKRIPTIF KUANTITATIF, TEORI NICHE
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 15 Jul 2023 05:46
Last Modified: 15 Jul 2023 05:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/26012

Actions (login required)

View Item
View Item