ANALISIS ISI PELANGGARAN ETIKA PARIWARA INDONESIA (EPI) DALAM IKLAN BARIS PRODUK KESEHATAN DI KORAN TRIBUN JOGJA EDISI OKTOBER 2015

DITA MAYASARI (2016) ANALISIS ISI PELANGGARAN ETIKA PARIWARA INDONESIA (EPI) DALAM IKLAN BARIS PRODUK KESEHATAN DI KORAN TRIBUN JOGJA EDISI OKTOBER 2015. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Periklanan merupakan bentuk penyajian dan dan promosi ide, barang atau jasa secara non personal yang dilakukan oleh produsen untuk memperkenalkan produk ke konsumen. Kegitan periklanan dilakukan melalui media salah satunya media cetak Surat Kabar Harian. Terdapat panduan dalam beriklan di media cetak khususnya Surat Kabar Harian. Pemasangan iklan baris harus mentaati pasal-pasal yang telah diatur dalam EPI. Studi ini berusaha mengungkapkan objektivitas pelanggaran Etika Pariwara Indonesia dalam iklan baris produk kesehatan di Surat Kabar Harian Tribun Jogja edisi Oktober 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis pelanggaran Etika Pariwara Indonesia serta mengetahui frekuensi pelanggaran Etika Pariwara Indonesia dalam iklan baris produk kesehatan di Surat Kabar Harian Tribun Jogja edisi Oktober 2015. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi yaitu dengan menggunakan jenis penelitia deskriptif analisis isi kuantitatif yaitu untuk mendeskripsikan secara objektivitas, sistematis, dan kuantitatif isi komunikasi yang tampak (manifest). Setelah dilakukan analisis, hasil dari penelitian tersebut adalah bahwa iklan baris produk kesehatan di koran Tribun Jogja edisi Oktober 2015 adalah melakukan pelanggaran Etika Pariwara Indonesia. Hal ini didapatkan dari hasil uji reliabilitas yang dilakukan menunjukkan persentase diatas angka minimal 70%. Dari setiap pasal ditemukan persentase terendah 96%, artinya hanya ditemukan 4% perbedaan antara N1 dan N2. Hal ini membuktikan bahwa benar adanya pelanggaran EPI di Koran Tribun Jogja edisi Oktober 2015. Serta jenis pelanggaran tertinggi yaitu penggunaan kata-kata superlatif sebesar 23% dengan jumlah frekuensi sebanyak 506 dari 393 sampel dan jumlah pelanggaran sebanyak 2236.
Kata Kunci : Iklan, Etika, Etika Pariwara Indonesia, Tribun Jogja

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: IKLAN, ETIKA, ETIKA PARIWARA INDONESIA, TRIBUN JOGJA
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:45
Last Modified: 13 Jul 2023 07:45
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/26051

Actions (login required)

View Item
View Item