HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN DENGAN HASIL OSCE STATION IDENTIFIKASI GIGI BLOK TUMBUH KEMBANG DENTOKRANIOFASIAL DAN OKLUSI MAHASISWA TAHUN PERTAMA KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Alba Aldama Mubarrok (2021) HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN DENGAN HASIL OSCE STATION IDENTIFIKASI GIGI BLOK TUMBUH KEMBANG DENTOKRANIOFASIAL DAN OKLUSI MAHASISWA TAHUN PERTAMA KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang: Keterampilan klinik merupakan modal utama yang digunakan oleh seorang dokter gigi untuk menentukan suatu diagnosis dan melakukan terapi kepada pasien. Salah satu metode penilaian keterampilan klinis mahasiswa yang banyak digunakan saat ini dengan mempresentasikan shows how adalah OSCE. Adapun faktor- faktor yang mempengaruhi performa kandidat dalam melaksanakan OSCE, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang memengaruhi yaitu kemampuan kognitif, sikap, motivasi, dan efikasi diri dari kandidat. Faktor eksternal yang memengaruhi yaitu lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan lingkungan pendidikan.
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan efikasi diri dan lingkungan pendidikan dengan hasil Objective Structured Clinical Examination (OSCE) station identifikasi gigi blok tumbuh kembang dentokraniofasial dan oklusi.
Metode: Penelitian ini bersifat observasional analitik dan dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah Mahasiswa PSKG FKIK UMY angkatan 2019 sebesar 81 orang dari 94 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian menggunakan instrumen Medical Achievement Self-efficacy Scale (MASS) digunakan untuk mengetahui efikasi diri responden sebanyak 18 item dan Dundee Ready Educational Environment Measure (DREEM) digunakan untuk mengetahui persepsi responden terhadap lingkungan pendidikan sebanyak 50 item. Setelah dilakukan pengambilan data, dilakukan analisis di setiap variabel penelitian.
Hasil: Hasil korelasi antara efikasi diri dan nilai OSCE adalah tidak terdapat hubungan yang signifikan ditunjukan dengan nilai p=0.385. Hasil korelasi antara lingkungan pendidikan dan nilai OSCE adalah tidak terdapat hubungan yang signifikan ditunjukkan dengan nilai p=0.308.
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan nilai OSCE mahasiswa tahun pertama Kedokteran Gigi FKIK UMY. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan pendidikan dengan nilai OSCE mahasiswa tahun pertama Kedokteran Gigi FKIK UMY.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:09
Last Modified: 11 Oct 2021 04:09
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2616

Actions (login required)

View Item
View Item