Gambaran Persepsi Mahasiswa Terhadap Kesiapan Sistem Dental Clinical Case Learning (DC-learning) Dalam Proses Pembelajaran di Program Pendidikan Profesi Dokter Gigi UMY

Faiq Bachtiar Utama (2021) Gambaran Persepsi Mahasiswa Terhadap Kesiapan Sistem Dental Clinical Case Learning (DC-learning) Dalam Proses Pembelajaran di Program Pendidikan Profesi Dokter Gigi UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (846kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Perkembangan industri dunia 4.0 melahirkan kombinasi teknologi informasi dan komunikasi maju dalam bidang tertentu. Salah satu buktinya adalah menggunakan media teknologi informasi dalam penerapan di sistem pembelajaran secara online. Program Pendidikan Profesi Dokter Gigi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sedang mengembangkan sistem pembelajaran baru yaitu Dental Clinical Case Learning (DClearning). Sistem dc-learning merupakan sistem pengelolaan tugas mahasiswa secara online yang dikembangkan mulai tahun 2019.
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kesiapan sistem dclearning dalam proses pembelajaran di Program Pendidikan Profesi Dokter Gigi UMY.
Metode Penelitian : Metode pengambilan data dilakukan dengan pendekatan cross sectional. 40 mahasiswa angkatan 2017 Program Pendidikan Profesi Dokter Gigi UMY dipilih sebagai subjek penelitian dengan cara convenience sampling. Pengambilan data diukur menggunakan kuesioner USE yang telah dimodifikasi. Kuesioner USE terdiri dari 30 item pernyataan. Kuesioner USE terdiri dari aspek kegunaan (usefulness), mudah digunakan (ease of use), mudah dipelajari (ease of learning), dan kepuasan (satisfaction).
Hasil Penelitian : Uji validitas dan reliabilitas terhadap kuesioner USE mendapatkan hasil bahwa terdapat 25 item pernyataan yang valid dan 5 item pernyataan yang tidak valid. Analisis data deskriptif menggunakan skor rata-rata (mean score). Maka didapatkan persepsi mahasiswa terhadap kesiapan sistem dc-learning dalam proses pembelajaran di Program Pendidikan Profesi Dokter Gigi UMY adalah baik (mean score : 115,78). Penjelasan masing-masing aspek seperti ease of learning yang mendapatkan rata-rata 122 (mean score) dengan interpretasi sangat baik. Aspek satisfaction yang mendapatkan rata-rata 115,33 (mean score) dengan interpretasi baik. Aspek ease of use yang mendapatkan rata-rata 115,3 (mean score) dengan interpretasi baik. Aspek usefulness yang mendapatkan rata-rata 114,17 (mean score) dengan interpretasi baik.
Kesimpulan : Persepsi mahasiswa terhadap kesiapan sistem dc-learning dalam proses pembelajaran di Program Pendidikan Profesi Dokter Gigi UMY dalam interpretasi baik.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:08
Last Modified: 11 Oct 2021 04:08
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2634

Actions (login required)

View Item
View Item