FEMINITAS PEREMPUAN DALAM IKLAN KECANTIKAN

RINI NURZANAH (2011) FEMINITAS PEREMPUAN DALAM IKLAN KECANTIKAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (644kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (124kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana representasi perempuan dalam iklan Pond's Flawless Whit e series. Iklan merupakan unsur budaya yang sangat mengagumkan karena kemampuannya merefleksikan dan merubah gaya hidup masyarakat. Iklan adalah analisis mengenai konteks yang ditawarkan pada suatu produk yang diiklankan. Melalui konteks tersebut dapat dilihat berbagai persoalan sosial dibalik sebuah iklan, scperti masalah gender. Terutama dalam iklan Pond's ini merepresentasikan femininitas perempuan. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa citra perempuan sering ditampilkan sebagai subordinasi pria dalam iklan. Hal ini menunjukkan fenomena dimana perempuan identik dengan kecantikan, pasif, lemah lembut dan sebagainya. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika. Metode analisis tersebut dijadikan alat ukur mentedemahkan makna dan simbol yang ada pada iklan prodgk Pond's Flawless White di televisi. Analisis semiotik yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis semiotik Roland Barthes. Barthes sebagian besar kajian penelitiannya mengangkat tema-tema budaya pop yang dekat dengan keseharian budaya kita. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep gender dalam ketiga iklan Pond's series "7450,s to love, "The diary", dan "Love conquers all" menggambarkan femininitas perempuan melalui tampilan fisik dan peran gender. Steriotipisasi perempuan sebagai makhluk yang lemah lembut, emosional, penuh kasih sayang dan sebagainya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: IKLAN, GENDER, FEMINITAS PEREMPUAN
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2023 07:46
Last Modified: 08 Jul 2023 07:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/26566

Actions (login required)

View Item
View Item