PENCITRAAN DI BALIK BERITA FILANTROPI MEDIA HARRY TANOESUDIBJO (ANALISIS WACANA PENCITRAAN KEGIATAN FILANTROPI MEDIA HARRY TANOESUDIBJO DALAM TAYANGAN MNC GROUP PEDULI)

MUHAMMAD ABDUL QADAR (2016) PENCITRAAN DI BALIK BERITA FILANTROPI MEDIA HARRY TANOESUDIBJO (ANALISIS WACANA PENCITRAAN KEGIATAN FILANTROPI MEDIA HARRY TANOESUDIBJO DALAM TAYANGAN MNC GROUP PEDULI). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (871kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)

Abstract

Kegiatan filantropi pada dasarnya merupakan suatu aktifitas positif yang dilakukan oleh masyarakat sebagai makhluk sosial, yaitu saling membantu dan meringankan beban yang dirasakan oleh masyarakat lain yang sedang mengalami musibah ataupun terkena bencana. Namun, yang menjadi bertolak belakang adalah ketika sebuah aktifitas filantropi yang dikemas dalam tayangan media dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk kepentingan politik maupun kepentingan ekonomi.
Salah satunya yaitu aktifitas filantropi media yang dimanfaatkan oleh Harry Tanoesudibjo melalui program tayangan MNC Group Peduli, yang merupakan sebuah tayangan kegiatan filantropi terkait dengan pemberian bantuan bagi masyarakat yang terkena bencana. Melalui aktifitas tersebut Harry Tanoe memanfaatkan kepentingan-kepentingan ekonomi, politik, untuk membentuk citra dirinya agar terlihat positif di masyarakat. Selain itu Harry Tanoe merupakan aktor baru dalam dunia politik Indonesia yang telah beberapa kali berpindah-pindah partai, mulai dari bergabung dengan Partai Nasdem, Partai Hanura, hingga membentuk Partai Perindo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wacana dibalik kegiatan filantropi media yang dilakukan oleh Harry Tanoe yang dikemas melalui tayangan MNC Group Peduli. Metode pada penelitian berjenis kualitatif deskriptif dengan objek penelitian tayangan MNC Group Peduli yang ditayangkan di RCTI, Global TV, dan MNC TV.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis wacana kritis Teun V Dijk.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *168 FILANTROPI MEDIA, MNC GROUP PEDULI, HARRY TANOESUDIBJO
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 15 Jul 2023 06:37
Last Modified: 15 Jul 2023 06:37
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/26639

Actions (login required)

View Item
View Item