MODEL STRATEGI HARGA PENAWARAN UNTUK PROYEK KONSTRUKSI DI INDONESIA STUDI KASUS : LAYANAN PENGADAAN SECARA ELEKTRONIK (LPSE), KAB. MUSI RAWAS (SUMSEL)

NUR KISWAN (2016) MODEL STRATEGI HARGA PENAWARAN UNTUK PROYEK KONSTRUKSI DI INDONESIA STUDI KASUS : LAYANAN PENGADAAN SECARA ELEKTRONIK (LPSE), KAB. MUSI RAWAS (SUMSEL). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (85kB)

Abstract

Strategi penawaran bagi suatu perusahaan sangatlah bergantung pada tujuan
perusahaan, diantaranya adalah dengan memaksimumkan keuntungan. Permasalahan
utama kontraktor dalam mengajukan penawaran adalah menetapkan harga
penawaran.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghitung nilai mark up
menggunakan pendekatan strategi penawaran dan untuk menentukan strategi harga
penawaran terbaik untuk memenangkan suatu tender dengan nilai mark up optimum dan
keuntungan maksimum.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data pelelangan yang sudah
selesai dari tahun 2013-2015 di LPSE Kabupaten Musi Rawas (MURA) dengan
menggunakan pendekatan statistik, yaitu muti distribusi discrete, multi distribusi normal
dan single distribusi normal. Model strategi penawaran yang digunakan yaitu Friedman
Method, Gates Method dan Ackoff & Sasieni Method.
Model Friedman menghasilkan mark up optimum sebesar 4 % untuk multi
distribusi discrete dengan keuntungan yang diharapkan sebesar 2,7895 %, 12 % untuk
multi distribusi normal dengan keuntungan yang diharapkan sebesar 10,3959 % dan 12
% untuk single distribusi normal dengan keuntungan yang diharapkan 1,4976 %. Dengan
menggunakan model gates menghasilkan mark up optimum sebesar 12 % untuk multi
distribusi discrete dengan keuntungan yang diharapkan 12,0000 %, 12 % untuk multi
distribusi normal dengan keuntungan yang diharapkan 10,4707 % dan 12 % untuk single
distribusi normal dengan keuntungan yang diharapkan sebesar 11,9808 %. Dengan
menggunakan model ackoff & sasieni menghasilkan mark up optimum sebesar 6 % untuk
multi distribusi discrete dengan keuntungan yang diharapkan 4,0000 %, 12 % untuk
multi dan single distribusi normal dengan keuntungan yang diharapkan sebesar 11,9820
% dan 12 % untuk single distribusi normal dengan keuntungan yang diharapkan sebesar
11,9820 %. Strategi harga penawaran terbaik untuk memenangkan suatu
pelelangan adalah model yang menghasilkan mark up optimum paling rendah
yaitu model Friedman dengan multi distribusi discrete.
Kata Kunci : Strategi penawaran, mark up, probabilitas menang, keuntungan
yang diharapkan (expected profit).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI : STRATEGI PENAWARAN, MARK UP, PROBABILITAS MENANG, KEUNTUNGAN YANG DIHARAPKAN (EXPECTED PROFIT).
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2022 01:46
Last Modified: 19 Jan 2022 01:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/26691

Actions (login required)

View Item
View Item