FITRIANI (2016) PERAN GURU PAI SEBAGAI PEMBIMBING DI SD MUHAMMADIYAH WONOPETI II KARANGSEWU GALUR KULON PROGO. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Cover.pdf
Download (96kB)
Halaman Judul.pdf
Download (423kB)
Halaman Judul.pdf
Download (423kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (380kB)
Abstract.pdf
Download (82kB)
Bab I.pdf
Download (356kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (258kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (87kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (259kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (156kB)
Naskah Publikasi.pdf
Download (631kB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanan peran guru PAI sebagai pembimbing. Selain itu untuk mengungkapkan sejauh mana guru PAI berperan sebagai pembimbing. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa guru PAI telah melakukan bimbingan. Hal ini terlihat bahwa guru PAI bersikap dan berperilaku sebagai seorang pembimbing selama berinteraksi dengan siswa. Sikap dan perilaku tersebut di antaranya adalah berperangai wajar, mandiri, mawas diri, berani, melihat siswa sebagai seorang yang mempunyai potensi, sikap positif dan wajar pada siswa, memperlakukan siswa dengan hangat, rendah hati dan menyenangkan, memahami siswa secara empiric, menghargai siswa sebagai individu, menerima siswa apa adanya, terbuka, peka terhadap perasaan siswa, dan kesadaran akan hakikat mendidik.
Key-Words : bimbingan, guru PAI
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BIMBINGAN, GURU PAI |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 07:24 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 07:24 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/26825 |