PERAN GURU PAI SEBAGAI PEMBIMBING DI SD MUHAMMADIYAH WONOPETI II KARANGSEWU GALUR KULON PROGO

FITRIANI (2016) PERAN GURU PAI SEBAGAI PEMBIMBING DI SD MUHAMMADIYAH WONOPETI II KARANGSEWU GALUR KULON PROGO. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (631kB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanan peran guru PAI sebagai pembimbing. Selain itu untuk mengungkapkan sejauh mana guru PAI berperan sebagai pembimbing. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa guru PAI telah melakukan bimbingan. Hal ini terlihat bahwa guru PAI bersikap dan berperilaku sebagai seorang pembimbing selama berinteraksi dengan siswa. Sikap dan perilaku tersebut di antaranya adalah berperangai wajar, mandiri, mawas diri, berani, melihat siswa sebagai seorang yang mempunyai potensi, sikap positif dan wajar pada siswa, memperlakukan siswa dengan hangat, rendah hati dan menyenangkan, memahami siswa secara empiric, menghargai siswa sebagai individu, menerima siswa apa adanya, terbuka, peka terhadap perasaan siswa, dan kesadaran akan hakikat mendidik.
Key-Words : bimbingan, guru PAI

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: BIMBINGAN, GURU PAI
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Jan 2022 07:24
Last Modified: 14 Jan 2022 07:24
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/26825

Actions (login required)

View Item
View Item