Adhika Riyan Ramadhan (2021) STRATEGI PROMOSI DINAS KOMUNIKASI INFORMASI DAN PERSANDIAN (DISKOMINFOSAN) KOTA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGGUNA APLIKASI JOGJA SMART SERVICE (JSS) UNTUK MEWUJUDKAN SMART CITY YOGYAKARTA PADA TAHUN 2019. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (699kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (178kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (191kB)
Bab I.pdf
Download (1MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (524kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (198kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (415kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (354kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (508kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini meneliti tentang Strategi Promosi Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (DISKOMINFOSAN) Kota Yogyakarta Dalam meningkatkan Jumlah Pengguna Aplikasi JSS Untuk Mewujudkan Smart City Yogyakarta, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara DISKOMINFOSAN dalam meningkatkan pengguna aplikasi JSS Untuk Mewujudkan Smart City Yogyakarta Pada Tahun 2019. Adapun kerangka teori yang dibahas oleh peneliti dalam penelitian ini adalah Strategi Promosi, Bauran Promosi, Strategi Promosi Online, dan Smart City.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini berasal dari hasil wawancara peneliti dengan Staf DISKOMINFOSAN dan masyarakat Kota Yogyakarta. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa DISKOMINFOSAN Kota Yogyakarta cukup berhasil dalam Meningkatkan Jumlah pengguna JSS Untuk Mewujudkan Smart City Yogyakarta Pada Tahun 2019, dengan melakukan tahapan-tahapan diantaranya adalah strategi promosi, Bauran Promosi, Promosi Online, dan berhasil memenuhi indikator Smart City.
Kesimpulannya dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi sudah direncanakan dan dilaksanakan dengan baik. Adapun strategi promosi yang paling sering digunakan oleh DISKOMINFOSAN adalah promosi periklanan melalui Advertising, Sales Promotion, Event and Experiences, Hubungan Masyarakat dan Publisitas, Personal Selling, Interactive Online Marketing, Word of Mouth Marketing, Direct Marketing, Faktor pendukung strategi promosi JSS yaitu memiliki banyak relasi semua media yang terdapat di wilayah Kota Yogyakarta, selain itu dengan berhasil melaksanakan promosi aplikasi JSS otomatis konsep Smart City sudah terlaksana dikarenakan di dalam aplikasi JSS sudah memenuhi semua indikator Smart City yang di dalamnya terdapat Smart Living, Smart Goverment, Smart Governance, Smart Economy, Smart Mobility, Smart Environment, Smart People.
Kata Kunci: Strategi Promosi, Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian, DISKOMINFOSAN, Minat pengguna, Aplikasi Jogja Smart Service, Smart City.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 06:13 |
Last Modified: | 24 Sep 2021 06:13 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2691 |