Swastika Wulandari (2021) HUBUNGAN EFEKTIVITAS TUTORIAL SEVEN JUMPS (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN CAPAIAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FKIK UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (466kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (35kB)
Bab I.pdf
Download (123kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (128kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (102kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (31kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (101kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (297kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (246kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
INTISARI
Latar Belakang: Problem Based Learning (PBL) adalah metode pembelajaran berdasarkan masalah atau kasus. Problem Based Learning banyak digunakan oleh sebagian besar fakultas kedokteran di dunia karena metode pembelajaran ini berpusat pada aktivitas belajar mandiri mahasiswa secara terstruktur dengan baik berdasarkan masalah yang nyata, terintegrasi, berbasis masyarakat dan pendekatan klinis yang lebih dini. Problem Based Learning memiliki beberapa tahapan yaitu tahapan orientasi, organisasi, investigasi, presentasi, analisis dan evaluasi yang akan membantu mahasiswa dalam mencari dan menemukan sendiri materi atau jawaban yang dipelajari sesuai dengan masalah yang diberikan sehingga mahasiswa bisa meningkatkan berpikir lebih kreatif. Kegiatan pembelajaran dengan metode PBL dapat dilakukan dengan bebarapa kegiatan yaitu diskusi tutorial (Small Group Discussion), kuliah, praktikum, diskusi panel dan skills lab (keterampilan medik). Dalam PBL, tutorial merupakan inti dari penerapan PBL. Tutorial berbentuk seperti kelompok diskusi kecil dimana mahasiswa dan tutor memiliki peran masing-masing yang harus dilaksanakan demi keberhasilan diskusi.
Metode : Penelitian ini merupakan studi analitik kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional yang dilakukan terhadap 491 sampel yang terdapat pada 3 angkatan mahasiswa Pendidikan Dokter FKIK UMY. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Pemilihan blok pada penelitian ini dilakukan secara random melalui aplikasi microsoft excel 2010.
Hasil : Pada penelitian ini didapatkan nilai p < 0,05 dengan tingkat kekuatan korelasi yang bervariasi (sangat lemah, lemah, sedang).
Kesimpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara nilai minikuis dengan nilai evaluasi belajar dengan nilai p < 0,05 dan terdapat hubungan bermakna antara nilai tutorial dengan nilai evaluasi belajar dengan nilai p < 0,05.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Tutorial, Prestasi Akademik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 06:06 |
Last Modified: | 24 Sep 2021 06:06 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/2701 |