NI'MATUR ROSYIDAH (2016) PERAN GURU PAUD DALAM MENANAMKAN KARAKTER ISLAM PADA ANAK USIA DINI (STUDI DI LEMBAGA PAUD MUTIARA QUR'ANI JOGONALAN KIDUL, KASIHAN BANTUL). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (5MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (384kB)
Abstract.pdf
Download (147kB)
Bab I.pdf
Download (187kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (367kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (173kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (166kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (164kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAUD dalam menanamkan karakter Islam pada anak usia dini di Lembaga PAUD Mutiara Qur’ani, untuk mengetahui penanaman karakter Islam pada anak usia dini di Lembaga PAUD Mutiara Qur’ani dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan karakter Islam pada anak usia dini di Lembaga PAUD Mutiara Qur’ani. Penanaman karekter Islam harus dilakuakn sejak dini, melalui pendidikan akhlak, aqidah, ibadah, hadis dan doa sehari-hari, akan tetapi masing-masing guru memiliki cara untuk menanamkan karakter Islam pada anak.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif (Qualitative research) dengan pendekatan fenomenologis adalah suatu penelitian yang ditunjukkan untuk mendiskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok dengan mengkaitkan terhadap orang-orang yang berada didalam situasi tertentu. Untuk memperoleh data yang cukup jelas dalam permasalahan yang diangkat, penulis menggunakan beberapa cara yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan ujikeabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PAUD dalam menanamkan karakter Islam pada anak usia dini (studi di Lembaga PAUD Mutiara Qur’ani Jogonalan Kidul, Kasihan Bantul) meliputi peran guru didalam kelas sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pelatih, pembaharu, dan sebagai model dan teladan. Penanaman karakter Islam pada anak dilakukan oleh guru dan juga orangtua, meliputi pembiasaan keagamaan dan kemandirian. Adapun kendala yang dihadapi oleh guru PAUD Mutiara Qur’ani dari segi tenaga kerja guru, orangtua dan sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Characteristics of Islam, The role of teacher, PAUD |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 03:39 |
Last Modified: | 03 Feb 2024 06:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/27091 |